Lihat ke Halaman Asli

Dhya Magfira

dhyamagfiraC3

Universitas Aisyiyah Yogyakarta Telah Mampu Menerapkan Hybrid Learning

Diperbarui: 15 Januari 2022   22:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Adanya virus corona masih menjadi salah satu ancaman bagi Indonesia atau bahkan negara lain. Virus yang  ditularkan oleh kelelawar ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada akhir tahun 2019 lalu. Virus corona dianggap sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Bahkan virus corona ini sangat mudah penularannya, hanya dengan kontak fisik antar individu dapat menyebar pada orang lain. Namun sangat disayangkan virus corona ini belum ditemukan obatnya, malahan virus corona kini timbul varian barunya yaitu omicron. Untuk meminimalisir penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini pemerintah mengeluarkan kebijakan unuk melakukan segala pekerjaan di rumah atau Work From Home (WFH).

Pandemi yang melanda Indonesia ini menyebabkan terhambatnya segala aktvitas, salah satunya adalah pembelajaran. Pembelajaran di rumah yang menggunakan aplikasi online seperti Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams ini dinilai kurang efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Namun sejak pertengahan 2021 kemarin sudah banyak sekolah yang melakukan Hybrid Learning, disusul oleh beberapa kampus di Indonesia salah satunya Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. https://www.unisayogya.ac.id/

Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta atau lebih singkatnya Unisa Yogyakarta ini adalah salah satu universitas di Indonesia yang sudah melakukan Hybrid Learning yaitu metode pembelajaran dengan menggabungkan antara pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka. Biasanya ini dilakukan secara bergantian oleh mahasiswa maupun dosen dalam universitas tersebut sesuai jadwal yang telah ditetapkan dan diatur sedemikian rupa dengan mempertimbangkan jumlah individu yang bertatap muka untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Hybrid Learning dalam Unisa Yogyakarta ini dilakukan oleh para mahasiswa dalam melakukan praktek karena bagaimanapun pembelajaran secara online sangat tidak efisien untuk melakukan praktek.

Dengan tetap menjaga protokol kesehatan sesuai yang diarahkan oleh pemerintah, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta ini mampu untuk melakukan Hybrid Learning. Tidak sedikit pula mahasiswa yang sangat senang dengan adanya Hybrid Learning ini karena dapat memahami materi pembelajaran dengan baik dan dapat bertemu temannya seperti dahulu sebelum adanya pandemi. https://www.unisayogya.ac.id/

Hybrid Learning ini juga merupakan salah satu upaya Unisa Yogyakarta dalam meningkatkan kualitas mahasiswa agar bisa mendalami materi dan juga salah satu upaya untuk tetap meminimalisir angka peningkatan Covid-19. Diharapkan dengan adanya Hybrid Learning ini Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta atau bahkan universitas-universitas di Indonesia lainnya mampu melaksanakan kuliah tatap muka secara serempak terhadap seluruh mahasiswa seperti sebelum adanya pandemi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline