Lihat ke Halaman Asli

10 Cara Biar Happy Terus...

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

“If you wantto BE HAPPY, Be!”

Akhir-akhir ini saya sedang dihinggapi virus SMILE alias HAPPY, dari mana HAPPY ituberasal? Dari orang-orang yang tanpa kita sadari membuat kita berpikir, ternyata masih ada orang-orang yang selalu memberi semangat, nilai-nilai positif dan tampil apa adanya, bisa teman lama, teman baru ataupun orang lain sekitar kita yang sering kita temui. Oke, saya mencoba membuat tips ala saya sekedar berbagi kebahagiaan, kesenangan, keceriaan apa pun itu namanya :

·Jangan memusingkan hal-hal kecil. Lebih baik kita menghemat energi untuk memikirkan suatu hal yang memang merupakan masalah besar.

·Tak ada yang sempurna. Kita, orang-orang di sekitar kita, keadaan, bahkan dunia pun tidak sempurna. Kita harus terima kenyataan ini. Jangan menuntut terlalu banyak pada diri sendiri.

·Lebih sabar. Ketidaksabaran sering menjadi penyebab utama rasa frustasi. So, tenang saja... Hidup ini bukan keadaan gawat darurat kok!

·Jangan selalu menyalahkan orang lain. Kalau terjadi sesuatu di luar rencana, jangan lansung menuduh orang lain sebagai penyebabnya. Lebih baik kita memikirkan jalan keluarnya dengan tenang.

·Boleh salah. Berbuat salah itu manusiawi, kok. Jadi tidak perlu malu kalau melakukan kesalahan.Justru karena pernah salah itu, kita menjadi tahu mana yang benar.

·Mencintai dengan tulus. Jujur saja, tidak mudah mencintai seseorang tanpa pamrih. Jadi mulai sekarang cobalah untuk mencintai dengan tulus, supaya hidup lebih damai dan bahagia.

·Mengerti orang lain. Dengan mengerti alasan orang lain berbuat sesuatu, kita menjadi mudah memahami kebutuhan dan keinginannya, juga bahkan memaafkan kesalahannya.

·Perbesar rasa peduli. Dengan peduli, kita bisa menempatkan diri kita pada posisi orang lain dan tidak hanya memikirkan diri sendiri.

·Penerimaan vs Penolakan. Suka tidak suka, kita harus menerima keadaan bahwa kita tidak selalu bisa menyenangkan hati setiap orang lain. Jadi, tidak perlu sakit hati menerima penolakan, dan tidak perlu merasa unhappy.

·Melakukan segala sesuatu dengan ringan hati. Jangan pernah berbuat sesuatu hanya karena terpaksa. Langkahkan kaki dengan mantap.

Memang mudah dengan menulis atau sekedar mengucapkan, tetapi tidak ada salahnya mencoba beberapa poin di atas kalau bisa semuanya hehe...

You have to believe in happiness, or happiness never comes.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline