Lihat ke Halaman Asli

Dhiya Ulhaq

Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pentingnya Mengamalkan Isi Al-Qur'an

Diperbarui: 6 Oktober 2024   21:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang berisi petunjuk hidup yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Al-Qur'an merupakan pedoman hidup yang sempurna bagi umat manusia dalam segala aspek kehidupan, baik ibadah, akhlak, muamalah, maupun sosial kemasyarakatan.

Mengapa mengamalkan Alquran itu penting ?

1. Al-Qur'an Sebagai Petunjuk Hidup
   Al-Qur'an adalah pedoman yang sempurna untuk semua aspek kehidupan. Di dalamnya terkandung ajaran yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan (hablun minallah) dan sesama manusia (hablun minannas). Dengan mengamalkan Al-Qur'an, kita dapat menjalani kehidupan yang terarah, sesuai dengan ketentuan dan aturan Allah SWT.

2. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT
   Mengamalkan Al-Qur'an bukan hanya membaca dan memahami, tetapi juga menerapkan perintah-perintah dan larangan-larangan-Nya dalam kehidupan sehari-hari. Mengamalkan Al-Qur'an adalah salah satu bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, sehingga kita akan selalu berada dalam rahmat dan ridha-Nya. 

3. Membentuk Akhlak yang Mulia
   Al-Qur'an mengajarkan nilai-nilai kebaikan dan akhlak mulia. Orang yang mengamalkan Al-Qur'an akan memiliki sifat-sifat terpuji seperti jujur, adil, sabar, amanah, dan rendah hati. Dengan mengamalkan Al-Qur'an, kita akan menjadi pribadi yang berakhlak baik, yang dihormati oleh orang lain dan mendapatkan keberkahan dalam hidup.

4. Menjaga dari Perbuatan Maksiat
   Al-Qur'an memberikan peringatan tentang akibat buruk dari perbuatan maksiat dan dosa. Dengan mengamalkan Al-Qur'an, kita akan selalu ingat kepada Allah dan terhindar dari perbuatan yang dilarang seperti berbohong, mencuri, melakukan riba, atau berbuat zalim. Al-Qur'an menjadi benteng bagi kita untuk melawan godaan setan dan hawa nafsu.

Cara Mengamalkan Al-Qur'an dalam Kehidupan?

1. Membaca dan Memahami Maknanya. Mulailah dengan rutin membaca Al-Qur'an dan memahami terjemahannya agar kita tahu pesan-pesan yang disampaikan.

2. Mengikuti Ajaran yang Terkandung di Dalamnya: Terapkan ajaran-ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam ibadah, perilaku, maupun interaksi sosial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline