Lihat ke Halaman Asli

dhiya puspa

Mahasiswa Pariwisata Universitas Gadjah Mada

G20 Sebagai Sarana Pemasaran Pariwisata Indonesia

Diperbarui: 18 Desember 2022   11:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

G20 merupakan forum yang beranggotakan 19 negara dan 1 Uni Eropa, forum ini dibuat untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh anggota negara yang bergabung di G20 baik dari segi ekonomi, politik maupun kemajuan negara yang bergabung di G20. 

Pertemuan G20 tahun ini, Indonesia resmi ntuk mengetuai salah satu forum tersebut dalam periode 1 tahun, hal ini merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk memperkenalkan Indonesia dan juga mengangkat nama Indonesia di mata dunia.

G20 kali ini mengusung semangat pulih bersama dengan tema "Recover Together, Recover Stronger".  Tema ini diangkat oleh Indonesia karena mengingat dunia yang masih dalam tekanan akibat pandemic Covid-19. Pada tahun 2022, Indonesia berharap dapat menjadi tahun pemulihan ekonomi seperti tema yang telah diusung recover (produktivitas dan ekonomi).

Hampir seluruh sektor terdampak akibat Covid-19, mulai dari sektor kesehatan, tenaga kerja, serta pada sektor pariwisata. Covid-19 memberikan dampak yang  sangat luar biasa bagi sektor pariwisata yaitu membuat adanya penurunan drastis wisatawan asing.

Sektor pariwisata sangat berpengaruh dalam pemulihan ekonomi Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan G20 kali ini. Pada kali ini, Indonesia memiliki kesempatan untuk memperkenalkan semua pariwisata yang ada di Indonesia. Salah satu manfaat G20 ialah untuk membangkitkan geliat perekonomian masyarakat Indonesia. 

G20 ini merupakan momentum yang sangat pas untuk memperkenalkan kepada banyak negara tentang keindahan pariwisata di Indonesia. Mulai dari pantai hingga pulau-pulau di Indonesia seperti Labuan Bajo. Hal ini memberikan dampak positif untuk perekonomian Indonesia karena pemerintah bisa lebih memperhatikan tempat-tempat pariwisata yang nantinya bisa dinikmati oleh para tamu dan wisatawan.

Dengan adanya G20 ini sangat berpengaruh untuk memulihkan kembali pariwisata dan ekonomi. Indonesia bisa memanfaatkan untuk memasarkan pariwisata serta produk-produk UMKM asal Indonesia. Salah satu manfaat besar menjadi presidensi G20 bagi Indonesia adalah pada sektor akomodasi yaitu makanan, minuman, serta pariwisata yang juga akan menjadi branding Indonesia di mata internasional.

Forum Internasional G20 ini diharapkan memberi pengaruh pada sektor pemulihan ekonomi dan pariwisata, serta membawa dampak yang sangat besar terutama dalam sektor pariwisata. Dengan begitu, kebangkitan ekonomi dapat terwujud dengan semakin terbukanya lapangan pekerjaan pada sektor pariwisata. Pengembangan tempat wisata, kenyamanan para wisatawan terkait transportasi pun akan jauh lebih baik lagi. Dunia harus tahu bahwa pariwisata Indonesia benar-benar indah dan sayang bila dilewatkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline