Lihat ke Halaman Asli

Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Era Abad 21

Diperbarui: 16 Maret 2022   16:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berbagai negara berlomba-lomba meningkatkan daya saingnya agar dapat beradaptasi dengan lingkungan baru dan menjadi komunitas terbaik yang keberadaannya diperhitungkan menjadi negara unggulan yang  relevan dalam kehidupan modern saat ini. 

Menjadi sangat jelas dalam konteks ini bahwa daya saing suatu negara tidak begitu terfokus pada sumber daya alamnya, tetapi  pada kualitas sumber daya manusianya dengan pengetahuan dan kemampuan mentransformasikan berbagai aset dan sumber daya yang ada semakin meningkat. Aspek pendidikan sangat penting bagi pengembangan sumber daya manusia baik pendidikan formal, informal maupun informal, yang merupakan kunci keberhasilan nasional. 

Pembelajaran di abad 21 membutuhkan peran pemerintah dan guru. Pemerintah perlu menyediakan berbagai  sarana dan prasarana, dan guru perlu kreatif untuk menciptakan pembelajaran yang berlandaskan prinsip-prinsip pembelajaran di abad 21. Abad 21 dikenal sebagai abad pengetahuan. 

Dalam situasi yang berbeda yang lebih berpengetahuan. Pola pembelajaran abad 21 di era Revolusi Industri 4.0 menjadi tantangan bagi dunia pendidikan. Berbagai aspek kehidupan masyarakat telah berubah, termasuk dalam perkembangan era globalisasi. 

Begitu pula dengan aspek di bidang pendidikan yang ikut berubah sebagaimana dengan hakikatnya bahwa pendidikan itu dinamis dan berjalan secara kontinu dalam menghadapi era yang tentunya akan membawa perubahan. 

Jika dilihat lebih lanjut pembelajaran abad 21 menekankan bahwa peserta didik diharapkan memiliki beberapa keterampilan yang akan mendukungnya di masa depan seperti kemampuan berpikir kritis, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi, kemampuan kreativitas dan inovasi serta keterampilan dalam literasi informasi atau TIK. 

Sehingga hal tersebut menjadi acuan bagi para guru untuk mengupdate atau berinovasi dalam menentukan pola pembelajaran yang sesuai dengan zamannya, dimana pada era ini pun dibutuhkan sebuah pembelajaran yang lebih berinovasi dan kreatif guna menunjang pendidikan Indonesia dapat berkembang dari sebelumnya sehingga dapat bersaing dengan negara-negara lainnya. 

Untuk mengembangkan pendidikan di Indonesia tidaklah mudah akan tetapi perlu menghadapi proses demi proses, standar dan kebijakan yang ada. Tidak sampai disana, hal ini pun dibutuhkan sebuah dukungan dari berbagai pihak mulai dari pihak pemerintahan, satuan pendidikan ataupun pihak masyarakat.

Selain dukungan pensosialisasian pun diperlukan agar segala bentuk perubahan ataupun pembaharuan diketahui oleh berbagai pihak sehingga mereka pun dapat beradaptasi dan menerima dengan baik, asalkan pensosialisasiannya merata dan terbuka.

Oleh sebab itu, diperlukannya sebuah inovasi di dalam kebijakan pendidikan untuk bersaing dengan negara tetangga agar Indonesia pun tidak tertinggal dalam bidang pendidikan. 

Inovasi pendidikan merupakan pendekatan baru untuk memecahkan masalah pendidikan. Misi inovasi atau pembaharuan pendidikan adalah mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan inovatif. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline