Lihat ke Halaman Asli

Efektivitas Penerapan CSR pada Program Beasiswa Pendidikan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.

Diperbarui: 23 Desember 2021   16:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendahuluan

Pendidikan di Indonesia sendiri pastinya memiliki permasalahan-permasalahan yang harus dicari solusinya. Padahal dengan adanya Pendidikan masyarakat memiliki wadah untuk bisa memajukan negara ini dengan menimba ilmu di sekolah ataupun universitas kemudian juga mengembangkan minat dan bakat dari masyarakat. Namun kenyataannya Pendidikan di Indonesia sendiri belum merata ke seluruh daerah. Seperti kesulitan ekonomi keluarga, kurangnya tenaga pendidik yaitu guru yang memenuhi kompetensi yang sesuai, sarana dan prasarana yang tidak memadai, sulitnya akses internet yang saat ini sangat dibutuhkan, bahkan jarak sekolah yang sulit dijangkau. Maka dari itu, dari permasalahan yang ada dalam sektor Pendidikan ini membutuhkan perhatian dari sektor lainnya. Seperti kerjasama antara pemerintah, perusahaan baik swasta ataupun milik negara, ataupun sektor lainnya. Hal ini bisa dibantu dengan adanya Corporate Social Responsibility (CSR) atau program dari tanggung jawab sosial dari perusahaan.

Tanggung jawab sosial perusahaan atau yang biasa dikenal sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) dalam lingkup perusahaan besar ataupun kecil terbilang sudah sangat berkembang. Pelaksanaan CSR ini telah menjadi bagian dari perusahaan bahkan termasuk ke dalam kebijakan yang diterapkan dalam dunia bisnis. Program-program yang akan dijalankan oleh setiap perusahaan nantinya akan  melewati proses perencanaan sampai evaluasi dengan menggunakan konsep CSR tersebut secara baik. Tanggung jawab ini pada dasarnya adalah untuk mendapatkan opini dari publik melalui tanggung jawab sosialnya tersebut. Hal ini dikarenakan perusahaan juga melaksanakan fungsinya dengan masyarakat sekitar, baik itu dalam sektor sosial, lingkungan ataupun juga ekonomi.

Menurut Archie B. Carrol (Jonker dan Witte, 2006) mengatakan bahwa penerapan CSR ini berpijak pada prinsip Triple Bottom Line yaitu dengan adanya profit, people dan planet. Sebagaimana ketika menjalankan sebuah bisnis, perusahaan memiiliki kewajiban untuk mendapatkan keuntungan dalam segi ekonomi (profit), di lain hal perusahaan juga harus memberikan kesejahteraan pada masyarakat dan lingkungan hidup (people dan planet).

Salah satu perusahaan dengan memiliki program CSR terbaik di Indonesia yaitu PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Perusahaan ini merupakan perusahaan total food solutions yang sangat terkenal dengan kegiatan operasionalna melalui tahap produkses hingga produk akhir yang diciptakan.

Strategi dari CSR itu sendiri yaitu guna mempertahankan figure yang positif dari strategi dan upaya yang telah dilakukan oleh perusahaan yaitu dengan terus berupaya untuk berkomitmen dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui program CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan. Dimana penerapan ini berfokus pada 5 pilar yakni, pembangunan SDM, peningkatan nilai ekonomi, kegiatan kemanusiaan dan komunitas serta menjaga kelestarian lingkungan hidup. Program yang ingin dibahas ini yaitu Beasiswa Indofood Sukses Makmur (BISMA) yang menjadi salah satu program CSR PT. Indofood Sukses Makmur Tbk sebagai pembangunan sumber daya manusia di Indonesia.

            PT. Indofood Suksess Makmur Tbk melaksanakan program CSR ini secara terencana. Hal ini dikarenakan agar kontribusi yang diberikan benar-benar optimal. Prinsip yang digunakan oleh perusahaan iini yaitu dengan mengikuti ISO 9001. Yang dimana ISO tersebut adalah bagian dari ISO 9000 yang merupakan sistem pengelolaan dari seluruh rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan sistem mutu organisasi yang telah diakui oleh dunia internasional serta bersifat global, dimana hal tersebut terlihat pada titik beratnya, yang dimaksudkan pada produk dengan mutu yang tetap konsisten. ISO 9001 merupakan sistem mutu model untuk pemastian mutu seperti design, pengembangan, produksi, pemasangan, pelayanan. Landasan tujuan yang digunakan dalam melaksanakan program CSR Perseroan ini adalah menciptakan hidup yang lebih baik setiap hari. Program beasiswa ini dilakukan guna membantu Pendidikan yang ada di Indonesia. Saat ini CSR dalam perusahaan telah banyak yang memberikan program dari dana beasiswa untuk anak-anak penerus bangsa dan meminimalisir permasalahan-permasalahan yang ada pada sektor Pendidikan.

PROGRAM CSR BEASISWA INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK DALAM MEMBANTU MASYARAKAT YANG KURANG MAMPU DALAM PENDIDIKAN

Upaya PT Indofood dalam mengembangkan sumber daya manusia yaitu dengan mewujudkan pemberian beasiswa kepada masyarakat. Setiap tahunnya PT Indofood Sukses Makmur Tbk ini memberikan beasiswa yang disebut sebagai BISMA atau Beasiswa Indofood Sukses Makmur. BISMA ini merupakan salah satu bentuk kegiatan CSR Indofood yang berupa beasiswa dimana hal ini ditujukan untuk masyarakat umum dan mahasiswa di beberapa perguruan tinggi sejak 2007. Beasiswa ini bekerjasama dengan Yayasan Karya Salemba Empat. Sasaran dari BISMA ini sendiri yaitu untuk anak dari karyawan yang bekerja di PT Indofood dan untuk mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Indonesia seperti, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitan Padjajaran dan sebaginya. Proses seleksi dari BISMA ini merupakan seleksi yang sangat ketat baik itu dilihat dari kategori pengetahuan yaitu berupa IPK dan prestasi non akademik, kemudian skills atau kemampuan fisik, komunikasi dan kreativitas, serta perilaku baik itu dari kedisiplinan, kepedulian, perkembangan serta kerjasama dari mahasiswa tersebut.

Pada tahun 2011, program BISMA telah meraih apresiasi dan penghargaan nasional yaitu Anugerah Peduli Pendidikan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Bantuan yang diberikan BISMA kepada masyarakat yang berprestasi dari keluarga yang terbilang kurang beruntung dalam aspek ekonomi yaitu seperti dana untuk kebutuhan uang kuliah, internet, biaya buku yang diperlukan serta pemondokan. Selain dana-dana tersebut, BISMA ini juga menyediakan tunjangan dana riset bagi mahasiswa berprestasi yang akan menempuh proses tugas akhir atau skripsi. Nantinya para penerima BISMA akan dibekali melalui pelatihan kepemimpinan melalui adanya program dari CSR ini seperti Indofood Leadership Camp. Dimana tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk membangun kepercayaan diri mahasiswa, kedisiplinan, kreativitas serta membangun jiwa kewarganegaraan yang positif dari masing-masing individu.Selain itu, penerima BISMA ini juga nantinya akan memperoleh kesempatan untuk mengembangkan karirnya dengan mengikuti pelatihan soft skills dalam bentuk program orientasi kerja dan magang. Pada tahun 2021 beasiswa ini telah melaksanakan seleksi pada bulan Juli yang diikuti oleh 2090 mahasiswa. Walaupun pada masa pandemic seperti ini, interview tersebut dilaksanakan dengan menggunakan Zoom Meeting.

Program bantuan dalam sektor Pendidikan dari PT Indofood selain adanya BISMA terdapat juga bantuan lain yaitu seperti mengelola sekolah di sekitar area perkebunan daro jenjang SD hingga SMK/SMA. Memberikan dukungan berupa alat edukasi kepada sekolah PAUD yang berlokasi di sekitar kantor Indofood di seluruh Indonesia. Serta memberikan Pendidikan multikultur dengan membagikan buku ensiklopedia pustaka anak nusantara ke berbagai perpustakaan Sekolah dasar dan Menengah pertama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline