Lihat ke Halaman Asli

dhina arriyana

pns di kementerian dan mahasiswa magister akuntansi di FEB UMB dengan NIM 55519120059

TB 1 Prof Apollo, "Proses Audit Sistem Infomasi"

Diperbarui: 5 April 2021   11:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TB 1 Prof Dr Apollo "Proses Audit Sistem Informasi"

Perkembangan teknologi dan sistem informasi di era digitalisasi semakin pesat, memberikan peran yang sangat penting dalam dunia bisnis, bahkan  beberapa perusahaan menggunakan keunggulan sistem informasi sebagai kunci strategi bisnis.

Seiring dengan perkembangan tersebut, demikian pula dengan pengendalian dan audit yang dilakukan berkembang mengikuti zaman, mengikuti perubahan teknologi dan system informasi.

Aktivitas audit sebagai sarana monitoring dan pengawasan, dilakukan untuk mengetahui kondisi suatu organisasi, sebagai sarana pengendalian, agar tujuan organisasi dapat tercapai, operasional perusahaan dilakukan dengan efisien dan efektif, dan mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku.

Dalam kesempatan ini, saya hanya akan mengemukakan pendapat dan pemikiran mengenai sebagian kecil dari seluruh rangkaian Audit Sistem Informasi, yaitu proses audit system informasi.

Lahkah-langkah dan tahapan praktis dalam proses audit system informasi secara garis besar terbagi menjadi  6 (enam), yaitu:

  • Pertemuan Awal (Opening Meeting)
  • Mereviu dokumen
  • Konfirmasi kepada Pegawai berwenang
  • Melakukan penelusuran
  • Menguji Pengendalian Sistem Informasi
  • Pertemuan Akhir (Closing Meeting)

Adapun penjelasan dari setiap tahapan adalah sebagai berikut:

  • Pertemuan Awal (Opening Meeting)

Pertemuan awal diperlukan untuk memperkenalkan tim audit kepada auditan. Auditan disini adalah seluruh level manajemen dan pegawai yang berwenang terhadap system informasi, sehingga komunikasi terjalin, dan memberikan kemudahan dalam aktivitas audit, terutama kebutuhan dokumen, data, dan informasi yang diperlukan.

Perencanaan audit, menyangkut ruang lingkup, tujuan, durasi/lama waktu, pengambilan sampel di lapangan, dan jumlah anggota tim audit didiskusikan antara tim audit dengan pihak manajemen.

  • Mereviu dokumen

Pihak manajemen akan memberikan seluruh dokumen yang diperlukan untuk melakukan proses audit. Auditor akan melakukan reviu sehingga memperoleh gambaran dan memahami seluruh proses bisnis organisasi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Kebijakan
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline