Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN-T Unisri Berikan Sosialisasi Pentingnya Melek Hukum

Diperbarui: 17 Agustus 2021   14:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Sosialisasi kepada Warga Kroyo, Karangmalang, Sragen oleh Mahasiswa KKN-T Unisri

Sragen - Dhimas Surya Ady, Mahasiswa Ilmu Hukum Universitas Slamet Riyadi Surakarta (Unisri) dari kelompok 45 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dra.Nurmawati Hindra H,S.Mi melaksanakan program KKN-T.

Program kerja KKN-T tersebut adalah mensosialisasikan pentingya menjadi seseorang yang melek hukum, sosialisasi diberikan kepada warga dukuh Kroyo RT 03/01 Karangmalang, Sragen, Jawa Tengah.

Program KKN-T MBKM Wujudkan Desa Bangkit dilaksanakan mulai tanggal 26 Juli sampai 31 Agustus 2021.

Dipilihnya program ini dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang apa itu hakikat hukum dan bagaimana caranya agara melek hukum.

Tujuan utama dari program yang dilaksanakan adalah untuk penyebarluasan tentang Perda guna mewujudkan melek hukum bagi masyarakat Kroyo.

Dengan demikian, seluruh masyarakat mengetahui hak dan kewajiban yang perlu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari khususnya di Kroyo.

"Saya harap dengan sosialisasi masyarakat tidak buta terhadap produk hukum yang dikeluarkan. Ini kegiatan sangat penting, saya yang langsung menjelaskan pada warga Kroyo, agar tahu Melek hukum apa saja yang sudah ada dan bisa Menurut dhimas."

"Masyarakat perlu terus disosialisasikan bagaimana menyelesaikan persoalan hukum sesuai mekanisme hukum dan perundang-undangan yang ada. Inisiatif masyarakat dalam mengikuti sosialisasi hukum sebetulnya sudah muncul."

"Namun begitu, ke depannya, perlu ada sosialisasi yang lebih luas dan lebih menjangkau kelompok sasaran, kasihan masyarakat kalau tidak tahu hukum, rugi!." Dhimas. (Dhimas)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline