Lihat ke Halaman Asli

Fadhila Nur Hasani

college student

4 Pengalaman Menyenangkan Kuliah di UMY! #storytime

Diperbarui: 26 Maret 2021   10:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. UMY Official

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau yang sering kita sebut dengan UMY ini siapa sih yang gak kenal? Kampus dengan jargon 'Muda Mendunia' 'Unggul dan Islami' yang apabila kita ditanya 'kuliah dimana?' tinggal jawab 'di kampus unggul dan islami' maka pikiran orang orang langsung terbesit UMY. Walaupun UMY merupakan universitas swasta eitss gak main main loh! Bisa banget disandingkan dengan PTN! pada tahun 2020, UMY mendapatkan peringkat kedua terbaik Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Nasional versi 4ICU Uni-Rank. Aku akan membagikan 4 pengalaman menyenangkan kuliah di kampus swasta terbaik UMY.

1. Sering bagi-bagi voucher gratis

    Taugaksih para dosen di umy seringkali membagikan voucher umy boga senilai 25.000 gratis loh!! Asikk banget kan. seringkali dosen umy memberikan voucher tersebut dengan berbagai macam metode, ada yang dengan menggunakan kuis-kuis menarik apabila mahasiswa benar menjawab maka akan mendapatkan voucher, ada juga yang memberikannya secara Cuma-Cuma, adanya voucher tersebut mampu meringankan beban anak kos. Kapan lagi dosen bagi-bagi voucher gratis cuma di UMY nih!

2. Bedukmutu

     Bedukmutu terdengar asing untuk para mahasiswa diluar UMY, apasih Bedukmutu itu? Bedukmutu (BEla Beli ProDUK MUhammadiyah BermuTU) adalah platform web jual beli online yang disediakan oleh UMY yang dapat  diakses oleh seluruh mahasiswa, karyawan serta dosen UMY. Setiap semester nya umy memberikan voucher senilai 150.000 rupiah. Gilak banyak banget gaksih! Voucher tersebut untuk dibelanjakan di platform jual beli Bedukmutu tersebut dan tidak bisa diuangkan. Selain mendapat voucher dengan nominal yang begitu besar di Bedukmutu ini kita juga bisa berjualan loh! Ada berbagai macam kategori produk mulai dari fashion,makeup,sembako dan banyak lainnya. Apabila kita berjualan di Bedukmutu akan dikenakan pajak sebesar 2%  yang telah ditentukan oleh UMY. Dengan adanya Bedukmutu selain kita berbelanja maka para mahasiswa juga dapat menghasilkan uang untuk menambah uang saku mereka.

3. Fasilitas

     Unsur penunjang yang tak kalah penting dari dilakukannya kegiatan pembelajaran adalah adanya fasilitas yang memadai. UMY menyediakan berbagai fasilitas yang mampu menunjang 'mood' belajar para mahasiswa. Mulai dari meja dan kursi taman yang disediakan di berbagai sudut tempat yang dapat digunakan sebagai tempat mahasiswa bertukar pikiran, perpustakaan yang luas dan nyaman untuk mengerjakan tugas, askes internet lancar yang mudah diakses oleh seluruh penghuni kampus, ruang kelas yang bersih ,rapi dan dingin yang membuat para mahasiswa nyaman Ketika melakukan kegiatan belajar mengajar. Kenyamanan mahasiswa dalam melakukan proses pembelajaran dan kebersihan kampus menjadi prioritas UMY.

4. BTA (Baca Tulis Al-Qur'an)

     Sebagai kampus Islam swasta terbaik dengan jargon 'Unggul dan Islami' UMY berkomitmen untuk mencetak lulusan yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik  saja namun juga unggul dalam bidang keagamaan. Pengalaman menyenangkan yang akan selalu membekas bahkan ketika sudah menjadi lulusan UMY adalah pelatihan Baca Tulis Al-Qur'an. UMY tidak hanya memberikan asupan ilmu dunia saja namun juga ilmu akhirat salah satunya adalah ilmu baca Qur'an . Ketika menuntut ilmu di UMY pada semester 1&2 kita diwajibkan untuk mengikuti BTA. Metode pembelajaran BTA akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan akan mendapat mentor berdasarkan hasil yang didapat ketika seleksi BTA. BTA juga menjadi salah satu syarat kelulusan loh. Kapan lagi nih kita kuliah di universitas yang tidak hanya memprioritaskan nilai nilai akademik dan memfasilitasi kebutuhan jasmani namun juga memperhatikan kebutuhan rohani dan akhirat kita!

Itulah tadi 4 pengalaman menyenangkan kuliah di kampus swasta terbaik UMY! share pengalaman menyenangkan kalian selama kuliah di UMY juga yuk!!

(ditulis oleh Fadhila Nur Hasani Ekonomi Syariah/19)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline