Lihat ke Halaman Asli

Dhifa Dharma Rafadhani

mahasiswa prodi sistem informasi universitas pamulang

Sistem Informasi Manajemen: Tantangan dan Strategi Pemasaran

Diperbarui: 28 Juni 2024   12:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sistem Infromasi Manajemen adalah suatu sistem yang di rancang untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mendistribusi informasi yang relevan dalam mendukung keputusan pemasaran. SIM pemasaran sangat penting untuk membantu perusahaan memahami pasar, pelanggan, dan kinerja pemasaran.

Komponen utama dari SIM untuk pemasaran yaitu database produk, informasi produk, penjualan dan transaksi, analisis pasar, dan strategi pemasaran. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan efesiensi operasional, memperbaiki pengambilan keputusan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Dalam merancang SIM harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sambil memikirkan keterbatasan sumber daya dan linkungan bisnis yang berubah. Maka dari itu banyak hal-hal yang harus di perhatikan dalam pemasaran, salah satunya itu adalah bagaimana cara meningkatkan aksesibilitas perusahaan untuk go-digital dan meningkatkan kapabilitas perusahaan sehingga mampu bersaing dengan produk asing.

ada beberapa tantangan SIM seperti berikut :

1. Integritas data
2. Kualitas data
3. Keamanan data
4. Analisis dan Interpretasi data
5. Adopsi teknologi  

Dalam Strategi pemasaran yang dapat di lakukan dengan menggunakan perumusan strategi pemasaran yang bermula dari strategi segmentasi pasar (segmentation), strategi pasar sasaran (targeting), dan strategi posisi pasar (positioning), selain itu juga dengan menggembangkan buaran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 4 unsur yaitu produk, harga, tempat, dan promosi.

Dengan merumuskan strategi pemasaran berdasarkan STP dan mengembangkan bauran pemasaran 4p yang tepat, perusahaan dapat mencapai segmentasi yang lebih efektif, penargetan yang tepat sasaran, dan posisi yang kuat di pasar, serta mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan lebih baik.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa dalam lingkungan perusahaan, tujuan akhir penggunaan Sistem Informasi Manajemen adalah untuk memberikan keuntungan dan nilai bagi bisnis. Hal ini dilakukan dengan menyediakan informasi yang tepat kepada para manajer, yang memungkinkan mereka mengambil keputusan organisasi secara tepat waktu dan efektif. Selain itu, berguna dalam bisnis untuk memprediksi informasi masa lalu, sekarang, dan masa depan dengan menggunakan tempat tertentu. Informasi ini selanjutnya digunakan untuk sumber daya data dan proses pengambilan keputusan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline