Lihat ke Halaman Asli

Membangun Ekonomi Indonesia melalui Hubungan Bilateral

Diperbarui: 26 Februari 2018   18:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Hubungan satu negara dengan neraga lain adalah salah satu upaya untuk memperluas jaringan sebuah negara dan juga untuk mendukung dan memajukan beberapa komponen penting dalam sebuah negara. Hubungan antar negara terjadi karena kedua belah pihak memiliki potensi untuk membantu memajukan satu sama lain. Saat ini Indonesia sedang gencar-gencarnya membangun infrastuktur dan juga perekonomian indonesia. 

Berbagai hubungan bilateral antar negara dilakukan agar semakin banyak negara yang menginvestasikan dana di Indonesia untuk membangun Indonesia dan meningkatkan perekonomian Indonesia. Qatar adalah salah satu negara yang memiliki hubungan bilateral yang baik dengan Indonesia, selama hampir 40 tahun berjalan Indonesia memiliki berbagai macam bidang kerja sama. 

Hubungan bilateral Indonesia dengan Qatar salah satunya bertujuan untuk memajukan perekonomian indonesia.  Dalam hal ini Indonesia memiliki hubungan expor dan impor yang cukup baik denagn Qatar, indoensia mengimpor minyak dan Indonesia mengeksper beberapa barang seperti produk otomotif, garmen, dan juga mabel ke Qatar. Pada awal tahun 2016 nilai perdagangan Indonesia denan Qatar mencapai US$900 juta.

Di 2016 kementrian luar negeri perkuat instrument dan implementasi kerja sama ekonomi Indonesia-Qatar dibidang perdagangan, pariwisata, dan juga investasi. Hal ini dirapkan agar hubungan perekonomian Indonesia semakin membaik. Untuk menunjang perekonomian dalam bidang pariwisata Qatar memperluas instrument dengan penandatanganan air service agreement Indonesia-Qatar. 

Hal ini dilakukan agar wisatawan Qatar semakin mudah untuk masuk ke Indonesia, karena semakin banyak wisatawan yang masuk ke Indonesia maka membantu perkembangan perekonomian Indonesia, bukan hanya untuk wisatawan namun juga untuk mempermudah proses expor dan impor kedua negara. Penambahan penerbangan ini terjadi di Bali, Surabaya, dan juga Jakarta yang memiliki potensi tinggi untuk dikunjungi oleh wisatwan asing, penambahan penerbangan ini tidak selesai hingga itu saja namun masih akan terus bertambah.

Peningkatan hubungan ekonomi terbentuk dalam wujud lain yaitu sektor perdagangan dilakukan antar kedua negara, seperti expor dan impor, lalu Qatar dan juga Indonesia menginisiasi dan mengupayakan penanda tanganan nota kesepahaman kerja sama antara Kadin Indonesia dan juga Kadin Qatar, sebagai payung hukum dalam pembentukan joint business council Indonesia-Qatar.

Hubungan Bilateral yang semakin kuat di tahun 2016, memberikan banyak perkembangan ekonomi untuk Indonesia, disaat Indonesia sebagai negara investasi Qatar tidak mau tertinggal untuk berinvestasi di Indonesia, berbagai bentuk investasi yang dilakukan Qatar ke Indonesia. investasi Qatar terhadap Indonesia terwujud dalam berbagai bentuk projek-projek besar, keuangan, maupun telekomunikasi.

 Projek investasi yang dilakukan Qatar seperti halnya investasi dalam nebras tower PT Paiton energy senilai US$1,3 miliar dan juga investasi pembangunan PLTGU oleh PT Pembangkit jawa-Bali senilai US$1 Miliar. Hubungan diplomasi yang semakin menguat antara Indonesia dengan Qatar, membuat kedua negara terus semangat untuk saling memberi maanfaat satu sama lain. 

Investasi investati yang dilakukan Qatar tidak hanya dalam bentuk projek-projek saja namun juga dalam bidang perbankan, Qatar memiliki Qatar National Bank yang sudah beroperasi selama kurag lebih tujuh tahun dan memiliki keuntungan mencapai USD$ 3 miliar per tahun., tidak hanya itu Qatar juga memiliki investasi dibidang komunikasi yaitu indosat ooredo, pada bidang perdagangan Qatar meninvestasikan dananya untuk membangun mall-mall yang di aceh.

Hubungan timbal balik kerja sama antara Indonesia dan Qatar tidak berujung di investasi saja namun Qatar juga memberikan dorongan agar Indonesia semakin gencar melakukan kegiatan expor ke Qatar, Indonesia memulai pembangunan beberapa supermarket di Qatar, dan juga membuka mitra kerja di Qatar. Quatindo adalah salah satu supermarket yang cukup sukses di Qatar, supermarket ini sudah beroperasi sekitar 14 tahun dan omsetnya cukup fantastis yaitu 7-10 miliar rupiah, dari hal ini pengusaha Indonesia berlumba lomba untuk mendirikan usaha di Qatar mulai dari restoran Indonesia hingga toko furniture  

Hubungan bilateral Indonesia-Qatar memiliki dampak positif dan juga bermanfaat untuk kedua negara. Hubungan Qatar dengan Indonesia adalah salau satu hubungan negara yang sangat dibutuhkan Indonesia saat ini untuk membantu membangun Indonesia, Qatar mampu membantu mendorong Indonesia dalam memajukan perekonomian, Qatar juga mendukung penuh pembangunan di Indonesia dengan cara menginvestasikan dana yang Qatar miliki untuk Indonesia. Indonesia masih perlu memperluas hubungan antar negara dengan negara-negara lain untuk membantu pembangunan di Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline