Lihat ke Halaman Asli

DhienaAprl Mlk

Accounting, Universitas Jember

Inovasi Dessert Box Kekinian Mengantarkan Tim UNEJ Lolos Pendanaan KBMI 2021

Diperbarui: 2 September 2021   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sweet Bites Inovasi Dessert Box Kekinian dari Tim FEB UNEJ

Jember - Mahasiswa FEB Universitas Jember yang terbentuk dalam satu kelompok dengan kelima anggotanya yaitu Meileni Nurhayati, Fida Fadilah, Dhiena Aprelenia Maharani, Olivia Salsabila, Hilmi Akmal Firdaus Lolos dalam Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2021 yang diadakan oleh Kemennterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Dengan dibimbing oleh Ibu Dr. Intan Nurul. Awwaliyah S.E., M.Sc. dalam penyusunannya, kelompok ini berhasil lolos pendanaan  dengan menginovasi olahan Dessert Box kekinian yang bernutrisi dengan kandungan edamame di dalamnya.

Edamame sendiri merupakan salah satu komoditi unggulan Kabupaten Jember yang berkualitas ekspor terdepan di Indonesia yang kaya akan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dengan melimpahnya edamame di Kabupaten Jember, maka kelompok ini termotivasi untuk tetap menjadikan edamame sebagai campuran Dessert Box agar konsumen tetap merasakan makanan yang kekinian namun tetap sehat. 

Beberapa fenomena yang menjadi pemicu yang akhirnya mendorong kelima mahasiswa ini untuk menjalankan bisnis Sweet Bites Dessert box, diantaranya, tren makanan penutup jenis dessert box mulai banyak dikenal dan digemari di tengah masyarakat Indonesia terutama di Kabupaten Jember, hal ini memberikan sinyal bagus jika bisnis ini memiliki potensi dan prospek yang baik untuk dikembangkan lebih lanjut. Selain itu, melihat salah satu potensi pertanian holtikultura sekaligus komoditi unggulan di Kabupaten Jember, yaitu tanaman edamame yang berkualitas ekspor, namun masih jarang pemanfaatannya sebagai campuran pada olahan dalam membuat produk makanan. Beberapa contoh produk inovasi yang muncul dengan menggunakan olahan edamame adalah susu edamame, es krim edamame, pia edamame, dan kookies edamame, hal ini memberi peluang yang dapat kami manfaatkan untuk menjadikan edamame  sebagai inovasi bahan baku dalam produk Sweet Bites. Masih belum ada yang mengangkat konsep dessert box enak dan sehat, sehingga hal ini menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan dan berdaya jual dengan mengkombinasikan dessert box yang terdiri dari kue bolu, krim, dan topping yang manis, kemudian diinovasikan dengan campuran edamame yang kaya akan manfaat bagi tubuh. Perjalanan bisnis yang digawangi dengan mahasiswa-mahasiswa berbakat ini juga ikut membantu memperbaiki taraf perekonomian masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan dan memberdayakan wanita di lingkungan sekitar tempat produksi untuk menjadi karyawan admin dan tenaga produksi

Dengan tetap memiliki 8 varian rasa yang ditawarkan seperti choco boom, choco cheese, red velvet, green tea, cheese, lady unicorn, tiramisu dan taro cheese kelompok ini yakin produk yang diberi nama Sweet Bites mempunyai daya jual yang tinggi dikarenakan makanan ini tergolong makanan yang kekinian yang nikmat namun tetap sehat serta harganya masih terjangkau.

Dalam proses perkembangannya, Saat ini Sweet Bites sudah bekerjasama dengan mitra seperti Go-Food agar konsumen dapat lebih mudah dalam pemesanannya. Harga yang ditawarkan oleh Sweet Bites ini pun terjangkau dengan 3 jenis ukuran yaitu tipe mini 350 ml dengan harga 12.000 dan ukuran regular 500ml dengan harga 20.000-25.000. Tidak hanya itu saja. Sweet Bites juga menerima pesanan dalam bentuk hampers maupun pesanan dalam stok banyak sesuai permintaan konsumen.

Bimbingan dengan Ibu Intan (Dospem) melalui Zoom Meeting

Tujuan dari pemerintah mengadakan kegiatan ini agar mahasiswa sejak dini mulai mengenal dan mempraktekkan dunia wirausaha. Bukan hanya diberikan pendaaan berupa dana pengambangan bisnis saja. Pemerintah juga melakukan pendampingan terpadu dengan mendatangkan beberapa praktisi dalam memberikan insight dan pengalamannya seputar bisnis kepada semua kelompok. Kelompok Sweet Bites pun sangat bersyukur karena kesempatan serta pendaaan untuk mengembangkan bisnis secara nyata. Mereka percaya bahwa ilmu praktik yang mereka terapkan akan berguna  di masa depan sebagai modal dalam menjalani proses berwirausaha.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline