Lihat ke Halaman Asli

Halima Sadia

Mahasiswi

Sedekah Tidak Harus dengan Materi

Diperbarui: 23 Februari 2021   08:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: 

"Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah"

Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhri (no. 1427) dan Muslim no.1053 (124)

Ternyata bersedekah itu tidak harus berupa harta loh, seperti di dalam sebuah hadits Riwayat Bukhari yang menyebutkan bahwa menyingkirkan adanya paku di tengah jalan dan dapat membuat ban kendaraan bocor lalu menyingkirkannya itu sudah termasuk sedekah dan contoh lainnya iyalah kita dapat memberikan tenaga kita sebagai sarana untuk bersedakah. 

Sarana lainnya ialah berpartisipasi dalam memberikan ide-ide kita, buah pikiran adalah aset mahal yang mungkin tak bisa digantikan dengan harta benda. Jika kita ingin menebar manfaat untuk sekitar tetapi tidak punya cukup dana, sumbangsih berupa pikiran dan ide juga bentuk sedekah yang luar biasa. 

Kita juga bisa ikut menyumbangkan saran mengenai program desa atau kampus, memberi saran dan kritik membangun tentang suatu topik, atau menulis artikel dan opini bermanfaat yang bisa dibaca orang lain dan alhamdulillah jika mereka terisnpirasi dari ide-ide yang telah kita berikan. 

Selanjutnya ialah sedekah dengan Ilmu

Ilmu adalah jenis sedekah jariyah yang pahalanya takkan putus dan akan tetap mengalir meski kita sudah meninggal. Untuk bersedekah ilmu, kita tidak harus menjadi seorang guru atau pendidik terlebih dahulu. Ilmu sekecil apa pun yang kita ajarkan kepada orang lain meski itu pengetahuan seremeh "cara membuat kue" akan mendatangkan kebaikan dan pahala yang tiada putusnya. 

Jadi jangan pelit untuk berbagi informasi atau pengetahuan apa pun yang telah kita miliki kepada orang lain. Selama itu sifatnya positif, yakinlah bahwa sedekah ilmu takkan mengurangi kepintaranmu.

Terakhir ialah sedekah dengan senyum dan salam. Ada hadis yang menyatakan bahwa "senyummu kepada saudaramu adalah sedekah." Terkadang hal sekecil ini dianggap remeh, namun ternyata punya efek yang dahsyat. Ucapan salam berisi doa-doa keselamatan untuk orang lain. Sedangkan senyum akan menebar aura positif dan memberi kebahagiaan kepada siapa saja yang kita temui. Barangkali senyum kecil di bibirmu bisa menepis kesedihan di hati mereka.

Nah, disini saya akan mencoba untuk berbagi sedikit pengalaman saya dan keluarga dalam hal bersedekah tanpa materi tersebut. Semoga dapat menjadi motivasi bagi para pembaca serta dapat mengaplikasikannya secara langsung dengan keluarga kita masing-masing. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline