Lihat ke Halaman Asli

Dhevi Anggarakasih

Dhevi Anggarakasih

Blog Review : Cegah Kebakaran dengan perangkat listrik yang tepat

Diperbarui: 3 Desember 2017   22:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Walaupun rangkaian instalasi ini menang dlm lomba kemaren, aslinya ga boleh begini ya guys..

Sejak saya memiliki rumah sendiri, concern saya adalah pada perlindungan dari bahaya kebakaran. Maklum, selain saya tinggal sendiri karena masih single, saat itu sedang marak terjadi kebakaran di pemukiman penduduk sekitar komplek. Antisipasi saya saat itu untuk meminimaliasir kerugian akibat kebakaran adalah mengasuransikan rumah saya.

Saya lupa bahwa ada hal lain yang lebih penting. Yaitu mencegah terjadinya kebakaran itu sendiri. Salah satunya dengan mengamankan instalasi Listrik Rumah. Masalahnya adalah, saya tidak memiliki cetak biru dari instalasi listrik yang terpasang di rumah saya karena pihak pengembang keburu gulung tikar dan kabur akibat krismon. Kebayang kan kalau tiba-tiba saja listrik ngejepret akibat korslet. Saya  yang tidak tau bagian mana yang terganggu dan harus segera diperbaiki terpaksa minta bantuan teman saya yang ahli listrik untuk nyusruk-nyusruk di  sepanjang plafon mencari sumber terjadinya korslet tadi. Biasanya sih karena kabelnya terkelupas digigiti tikus atau kabel yang kurang kuat saat dipasang.

Nah, tanggal 25 November 2017 yang lalu Kompasiana bersama Schneider Electric menggelar acara  Kompasiana Nangkring berjudul "73% Penyebab Kebakaran Rumah adalah Listrik, Pelajari Solusinya". Karena penasaran, saya daftar dan syukurlah saya diberi kesempatan menghadiri acara tersebut. :)

Dalam acara yang digelar di Crematology Coffee Roasters, Jakarta Selatan ini - Frankco Nasarino, Product Marketing Schneider Electric  menyampaikan bahwa  selain kebocoran arus listrik mampu menimbulkan korsleting yang  berakibat fatal seperti kebakaran, dalam tingkatan tertentu, kesetrum karena arus listrik yang bocor tidak saja bisa mengganggu sistem  pernafasan dan bahkan  mampu membuat jantung kita terhenti. Serem banget  kan? Untuk itu perlu adanya peralatan khusus yang mampu melindungi instalasi Listrik Rumah kita dari kebocoran listrik yang terjadi.

Beberapa alat seperti MCB - Miniature Circuit Breaker, ELCB-Earth Leakage Circuit Breaker dan produk unggulan terbaru Schneider Electric : RCBO Slim Domae diperkenalkan dalam acara ini. Kalau MCB, kamu udah tau dong untuk apa? Iya yang itu, untuk melindungi jaringan listrik rumah kita dari arus yang berlebih dan untuk melindungi dari hubungan arus pendek. Biasanya sih kalau di rumah-rumah, kita pasang MCB-nya ga satu. Saya sendiri pasang 4 MCB. Satu untuk area teras dan taman, satu untuk ruang tengah dan kamar tidur, satu untuk dapur dan kamar mandi, dan satunya lagi untuk AC walaupun saya ga pake AC. Tujuannya kalau tegangan listrik turun atau terjadi arus pendek yang bikin listrik ngejepret dan kita jadi kaget, kita bisa langsung tau bagian mana yang harus diperiksa dan segera diperbaki. Tidak lagi harus nyusruk-nyusruk sepanjang plavon. MCB itu biasanya ditempatkan berderet di dalam sebuah box, yang dikenal sebagai Automatic Circuit Breaker atau Domae MCB Box. Tentang ELCB, alat ini cara kerjanya hampir sama dengan MCB tetapi lebih khusus karena mampu melindungi anggota keluarga dari bahaya sengatan listrik saat terpercik air, bersentuhan langsung dengan stop kontak atau kabel yang terkelupas. ELCB juga biasanya ditempatkan di dalam box bersama MCB. Yang terbaru adalah RCBO Slim Domae. Seperti namanya alat ini bentuknya sangat langsing, lebih langsing daripada MCB maupun ELCB serta memiliki fungsi gabungan antara MCB dengan ELCB. Jadi selain lebih praktis dan hemat tempat, alat ini juga ekonomis. :)

Selain memperoleh berbagai informasi tentang perangkat pelindung jaringan Listrik Rumah, para peserta yang hadir juga  ditantang mengikuti kuis online berdasarkan informasi yang telah diperoleh dari pemaparan sebelumnya serta ditantang untuk memasang instalasi MCB, ELCB dan RCBO dalam sebuah rangkaian secara berkelompok. Seru banget lho, kita sampe keringetan karena tegang saat memasang peralatan ini. Maklum deh, biasanya nyuruh-nyuruh sekarang malah disuruh pasang sendiri eh berkelompok. Dan pemenangnya, baik pemenang kuis, live facebook maupun memasang instalasi bisa membawa pulang MCB dan ELCB. Hihihi..lumayan kan?

Jadi udah tau kan ada alat canggih yang bisa melindungi keluarga kita dari sengatan listrik dan melindungi rumah kita dari bahaya kebakaran? Yang langsing, praktis, ga makan tempat dan ekonomis?

Kalau belum puas dengan info tentang perangkat yang saya ceritakan di atas, bisa cek di link ini ya...

schneider-electric.co.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline