Lihat ke Halaman Asli

Pembaruan Materi IPS SD Kelas Awal dalam Kurikulum Merdeka

Diperbarui: 6 Juni 2023   22:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

ABSTRACT

The implementation of IPS learning in basic education is of course very important for individuals to live a social life, the optimal role of the teacher in this learning is of course very necessary. In order to create a civilized society based on the values of life. At this time Indonesia has changed the curriculum 3 times. None other than, the curriculum is KTSP or Curriculum 2006, Curriculum 2013 and Curriculum Merdeka. In the Merdeka Curriculum IPS changes to IPAS, in the Merdeka curriculum too, there is something that is put forward, namely the Pancasila Student Profile. Therefore, IPAS must also be related to this.

ABSTRAK

Pelaksanaan pembelajaran IPS dalam pendidikan dasar tentunya sangat penting bagi individu untuk menjalani kehidupan bermasyarakat, peran guru yang optimal dalam pembelajaran ini tentunya sangat diperlukan. Agar terwujud masyarakat yang beradab berdasarkan nilai-nilai kehidupan. Pada saat ini Indonesia telah mengganti kurikulum sebanyak 3 kali. Tak lain, kurikulum tersebut adalah KTSP atau Kurikulum 2006, Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Dalam Kurikulum Merdeka IPS berganti menjadi IPAS, dalam kurikulum Merdeka pula, terdapat hal yang dikedepankan yaitu Profil Pelajar Pancasila maka dari itu, tak terkecuali IPAS pun harus berhubungan dengan hal ini.

 

Kata Kunci: kata kunci, IPS, Kurikulum Merdeka, SD Kelas Awal

PENDAHULUAN

Menurut Galen, Kurikulum adalah mata pelajaran dan bahan pelajaran yang diajarkan guru dan dipelajari siswa. Menurut J. Galen Sailor dan William M Alexander (1974: 74), Kurikulum menempatkan nilai-nilai keadilan di jantung pendidikan. Ungkapan tersebut mempengaruhi kurikulum yang akan direncanakan dan diterapkan. Menurut Galen, Kurikulum adalah mata pelajaran dan bahan pelajaran yang diajarkan guru dan dipelajari siswa.

Mata pelajaran IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial adalah pembelajaran yang diterapkan di setiap jenjang pendidikan di Indonesia, sehubungan dengan itu pembelajaran IPS ini pasti ada di setiap kurikulum yang ada di Indonesia meskipun pada saat ini Indonesia telah mengganti kurikulum sebanyak 3 kali. Tak lain, kurikulum tersebut adalah KTSP atau Kurikulum 2006, Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Tentunya, dalam setiap kurikulum memiliki materi, capaian dan tujuan pembelajaran IPS yang cukup berbeda.

METODE

Dalam penulisan artikel ini menggunakan studi literatur. Studi literatur merupakan serangkaian metode kegiatan mengenai mengumpulkan data Pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan dalam penelitian. Peneliti juga menggunakan berbagai sumber jurnal artikel dan buku terkait praktik pendidikan dalam Kurikulum Merdeka Belajar dan Pembelajaran IPS dalam Kurikulum Merdeka . Mesin pencari (search engine) digital seperti; google scholar, researchgate, academia.edu yang peneliti gunakan dalam melakukan penelitian ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline