Lihat ke Halaman Asli

Dheni Indra Kusuma

Dosen, Pengamat Ekonomi dan Perencana Keuangan

Entrepreneur Anti-Mainstream

Diperbarui: 11 Juni 2019   23:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi | Sumber: entrepreneur.bisnis.com

Kemajuan perekonomian suatu negara dapat dilihat dari jumlah wirausaha yang ada di negara tersebut. Pada umumnya, semakin besar jumlah wirausaha di suatu negara, semakin maju dan stabil pula perekonomian di negara tersebut. 

Standar minimal Negara yang ingin maju adalah negara yang setidaknya dua persen masyarakatnya memilih untuk menjadi wirausaha. Alasannya cukup sederhana, wirausaha adalah tulang punggung ekonomi nasional, khususnya pada saat ekonomi dunia sedang mengalami ketidakpastian seperti sekarang ini.

Angka yang menunjukkan banyaknya wirausaha di Indonesia bisa dikatakan kurang ideal. Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan bahwa jumlah wirausaha di Indonesia pada tahun 2018 hanya sekitar 3,1 persen dari total jumlah penduduk Indonesia saat ini yang berkisar di angka 225 juta jiwa. Angka ini mengalami peningkatan dibanding dengan angka tahun lalu yang hanya mencapai 1,67 persen. 

Jumlah yang masih jauh apabila dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Singapura (7%), Malaysia (6%), bahkan dengan negara maju seperti Amerika Serikat (12%). Dengan jumlah penduduk yang besar, idealnya sektor wirausaha di Indonesia minimal berada diangka 5% dari total populasi penduduk Indonesia.

Pada dasarnya setiap wirausaha melakukan kegiatan bisnisnya untuk mendapatkan imbal hasil dari investasi dan usaha yang telah dilakukan. Dalam bahasa ekonomi, hal tersebut dikenal dengan istilah Return On Investment (ROI). Suatu hal yang normal apabila seorang wirausaha mengharapkan imbal hasil atas kegiatan bisnis yang telah mereka ciptakan. 

Bahkan ROI sudah menjadi salah satu tujuan utama dalam hal berwirausaha. Dalam hal ini terlihat seakan tidak ada masalah, tetapi justru dari tujuan dasar inilah permasalahan mulai muncul. 

Wirausaha yang anti mainstream tidak selalu bertujuan tentang ROI. Bukan berarti saya berpendapat bahwa ROI tidak penting. Selama ini, wirausaha terpacu untuk melakukan inovasi dan penemuan baru semata-mata untuk mendapatkan tingkat return yang tinggi dari hasil kerja kerasnya atau investasinya. 

Bagian terpenting dalam suatu bisnis wirausaha sebenarnya bukan pada berapa tingkat ROI yang dapat diterima, melainkan produk inovasi apa yang telah dihasilkan pada proses bisnis wirausaha tersebut. 

Perlu kita ingat bahwa sektor wirausaha merupakan sektor alternatif untuk membuat dan menciptakan ide-ide kreatif yang berguna bagi perkembangan dunia usaha maupun kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berpikirlah secara bebas. Istilah yang sering kita dengar adalah 'Think out of the box'. Seorang wirausaha harus berani memiliki pemikiran dan ide-ide yang 'gila'. Brainstorming harus mulai diciptakan untuk inovasi yang berbeda. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline