Lihat ke Halaman Asli

Dhena Aldhalia

Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan 2019 Universitas Lambung Mangkurat

Manis Coklat, Si Hitam Kopi: Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia

Diperbarui: 27 Oktober 2022   00:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelompok 7 Modul Nusantara (Dokpri)

Jember, 22 Oktober 2022

Pada minggu kali ini kami Kelompok 7 Modul Nusantara PMM Inbound Universitas Jember berkegiatan dengan agenda Inspirasi 2 ke Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia yang berada di Jl. PB. Sudirman 90, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Kami berangkat dari Universitas Jember menggunakan Lin (alat transportasi dalam kota Jember) pukul 9 pagi menuju ke Puslitkoka, dalam perjalanan kami juga melewati pasar hewan serta beragam alat kebutuhan bertani seperti cangkul bahkan beragam jenis pisau. Banyak hewan yang ditawrakan, dari domba, anak domba, ayam hingga hewan peliharaan seperti ayam dan kelinci.

Tidak jauh dari pasar hewan, kami sampai di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao dan ditemani oleh salah satu staf yang bekerja di Puslitkoka untuk berkeliling juga sedikit sharing terkait profil puslitkoka. 

Dari tempat pembelian tiket, kami melanjutkan mini tour menggunakan bis terbuka yang merupakan alat trnsportasi yang digunakan untuk membawa pengunjung berkeliling melihat perkebunan kako, kopi dan beragam jenis tanaman yang ada di sini.

Bus terbuka yang membawa Pengunjung berkeliling Puslitkoka (Dokpri)

Kami berkeliling melihat hamparan pohon kakao yang sudah berbuah lebat sampai ke tempat tujuan pemberhentian, yakni sebuah pendomo yang tepat di depannya terdapat penangkaran rusa serta di sampingnya terdapat kantin yang menyediakan makanan dan minuman yang bisa dibeli oleh pengunjung.

Di gazebo, Pak Haris Budiman yang merupakan staf Puslitkoka yang hari ini mendampingi kami memberikan sedikit penjelasan dan profil singkat Pusat Penelitian Kopi dan Kakao. 

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia atau kerap dikenal dengan "Puslitkoka" merupakan lembaga riset serta pengembangan kopi da kakao yang didirikan pada 1 Januari 1911 saat zaman kolonial Belanda dengan nama "Besoekisch Proefstation" yang merupakan salah satu lembaga dibawah koordinasi VOC (pada masanya).

Pada dasarnya, Puslitkoka ini tidak hanya mengembangkan kopi dan kakao akan tetapi juga beberapa jenis komoditas impor Jember, yakni tembakau dan tebu, akan tetapi di sini lebih dominan pada kopi dan kakao. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline