Lihat ke Halaman Asli

Dhea Paramita

Kegiatan Bakti Sosial

Kegiatan Sosial Mengunjungi Panti Asuhan Sunan Kalijaga

Diperbarui: 28 Mei 2021   23:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Disusun Oleh:

Dhea Paramita ( 190413629817)

S1 Manajemen

 Universitas Negeri Malang

 

Setiap umat Islam yang memiliki kelebihan rezeki diperintahkan untuk mengeluarkan sedekah atau membagi setiap rezekinya kepada orang yang membutuhkan , salah satu sedekah yang bisa saya laksanakan sebagai seorang mahasiswa adalah Bakti sosial.

Bakti sosial atau lebih dikenal sebagai baksos merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan. Bakti Sosial merupakan suatu kegiatan dimana kita dapat mempererat tali persaudaraan dengan saudara kita.Bakti sosial yang saya lakukan kali ini adalah berkunjung ke panti asuhan.

Dalam Alquran surat Al-Talaq ayat 7, Allah SWT telah memerintahkan umat-Nya untuk bersedekah dan berjanji akan membalas kebaikan tersebut. Allah SWT berfirman yang artinya:

"Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan." (QS. Al-Talaq: 7)

Dengan kita berinteraksi dengan warga panti asuhan maka kita bisa saling mengenal dan lebih akrab dengan mereka.Sehingga bisa menumbuhkan rasa kekeluargaan . Kita secara tidak langsung membutuhkan rasa kekeluargaan dengan warga panti karena kita hidup berdampingan dengan masyarakat luas dan kita pasti membutuhkan pertolongan mereka sewaktu -- waktu. Bentuk Kegiatan Baksos Bagi kita semua.

Tujuan dari diadakan kegiatan bakti sosial adalah untuk meningkatkan kepedulian dan rasa sosial terhadap kondisi warga panti di era pandemic Covid-19 ini, karena diera pandemi  ini tingkat pendapatan ekonomi menurun sedangkan kebutuhan warga panti harus tetap terpenuhi, baik dari segi kebutuhan ekonomi maupun dari segi kebutuhan primer maupun sekunder ,agar terciptanya  yang peduli terhadap sesama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline