Lihat ke Halaman Asli

Dheanita ananda

mahasiswa politeknik negeri tanah laut

Peluang dan Tantang Industri Pakan Jagung di Tanah Laut

Diperbarui: 15 Maret 2021   19:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Jagung merupakan komoditas pertanian di tanah laut, hal ini yang menjadikan tanah laut sebagai daerah penghasil jagung terbesar di Kalimantan selatan. memiliki luas pertanaman jagung sekitar 10.404 hektar dan tingkat produktivitas jagung telah meningkat menjadi rata-rata 3,97 t/ha. Sementara hasil penelitian dengan teknologi maju dapat mencapai 4 t/ha sampai 6,5 t/ha, bahkan menurut Subandi dan Made (2003) produktivitas jagung varitas Sukmaraga dapat mencapai 8,5 t/ha pipilan kering. 

Pengembangan jagung di Kalimantan Selatan didukung oleh potensi lahan kering yang cukup luas, yaitu sekitar 1.737.886 hektar maka tak heran jika banyak dijumpai tanaman di sepanjang pinggir jalan raya maupun di daerah-daerah sekitar perkampungan. Luasanya pertanian jagung dikarenakan banyak permintaan akan jagung pakan hal ini karena terdapat industri pengolahan pakan ternak  bahkan telah berdiri dua pabrik pengolahan pakan ternak yang terletak dikecamatan Bati-bati yakni Japfa comfeed dan Cheildjedang feed.

Peluang ini lah yang menjadikan petani untuk terus produktif menanam jagung pakan karena banyaknya permintaan pakan jagung, sebagai contoh ialah pak Budiono "Si Raja Jagung" beliau merupakan pemasok jagung yang sukses menggeluti usaha tanaman jagung di tanah laut. Dan banyak petani-petani lainnnya yang belum dikenal yang juga sukses.

Tantangan dalam penanaman jagung adalah masih kurangnya tenaga kerja dikarenakan butuh tenaga ekstra karna harus terbiasakan oleh cuaca dan beberapa faktor lainnya yang nantinya akan lebih beradaptasi selain itu keterbatasan lahan karena sekarang telah banyak dibangun perumahan banyak lahan kosong telah dibangun perumahan tersebut yang menjadikan terminimalisir kegiatan tanam menanam jagung pakan ditanah laut. 

Padahal jika banyaknya petani jagung maka akan tidak mungkin meningkatkan taraf hidup masyarakat di tanah laut karena secara tidak langsung mengurangi angka pengangguran Karena di industri pakan ternak sendiri harus memiliki karyawan yang banyak juga terampil. Harapannya semoga kedepannya petani-petani jagung di tanah laut sukses dan mampu bersaing dikancah internasional.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline