Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UNNES GIAT 9 Ikut Menyambut Peringatan Tahun Baru Islam di Dukuh Karang Dumadi

Diperbarui: 19 Juli 2024   17:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi acara

Minggu, 14 Juli 2024 warga Dukuh Karang Dumadi, Desa Pagenteran, Kabupaten Pemalang menyelenggarakan acara lomba Islami anak dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam. Lomba ini diperuntukkan bagi anak-anak dari jenjang PAUD hingga SMP. Adapun jenis-jenis lomba yang digelar dikategorikan sesuai dengan umur, diantaranya lomba tebak huruf hijaiyah untuk anak PAUD hingga SD kelas 1, lomba adzan shubuh dan iqamah untuk anak SD dan SMP, lomba praktek wudhu dan baca Al-Quran, lomba praktek shalat shubuh untuk SD sampai SMP, lomba hafalan surat pendek untuk anak PAUD hingga kelas 4 SD, dan lomba cerdas cermat Islami untuk anak SD dan SMP. Acara ini bertempatkan di salah satu mushola yang berada di Dukuh Karang Dumadi tepatnya di Mushola Al-Ikhlas. Acara ini sudah digelar rutinan dari tahun-tahun sebelumnya dan mengalami peningkatan peserta yang cukup signifikan yang dapat disimpulkan bahwa antusiasme anak-anak untuk mengikuti perlombaan ini cukup tinggi. Dalam pelaksanaannya, selain ikut memeriahkan acara ini, mahasiswa UNNES GIAT 9 di Desa Pagenteran juga turut membantu dalam proses berjalannya acara dan membantu penjurian saat lomba berlangsung.

Dilanjutkan pada Selasa, 16 Juli 2024, setelah dhuhur dimulai serangkaian acara pengajian umum sebagai puncak acara dalam peringatan 1 Muharram ini. Acara pengajian ini digelar menjadi dua sesi, yaitu sesi siang dan sesi malam. Untuk sesi siang, dibuka dengan penampilan hadroh ibu-ibu dan dilanjutkan dengan pembagian hadiah lomba Islami anak yang telah dilakukan di hari Minggu lalu. Terakhir, sesi siang ini ditutup dengan acara santunan anak yatim dan penampilan tari Islami anak-anak.

Pada malam harinya, serangkaian acara pengajian ini dilanjutkan dengan pembacaan Al-Quran 30 Juz, penampilan hadroh bapak-bapak dan pengajian dengan mengundang bapak K. H. Muhamad Mukti, S. Pd.I untuk memberikan tausiyah kepada masyarakat. Ditengah suhu dinginnya Desa Pagenteran, namun tidak menyurutkan niat masyarakat untuk berpartisipasi dalam acara pengajian ini.

Sebelumnya, telah diselenggarakan juga peringatan 1 Muharram ini oleh gabungan berbagai dukuh di Desa Pagenteran, yaitu acara pengajian budaya dan gema shalawat fatayat muslimat, Haul Qubro Desa Pagenteran dengan mengundang dalang Ki Haryo Susilo Enthus Susmono sebagai pengisi acara inti pada 7 Juli 2024 lalu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline