Lihat ke Halaman Asli

Choirunnisa

mengurus rumah tangga

Mengenal "Personal Magnetism" dan Manfaatnya di Dalam Diri Seseorang

Diperbarui: 11 Agustus 2024   16:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi orang dengan personal magnetism. Foto: Freepik

Mengenal "Personal Magnetism" dan Manfaatnya di Dalam Diri Seseorang

Pernahkah Kompasianer bertemu dengan seseorang yang mungkin secara fisik tidak terlalu cantik atau tampan, tetapi berinteraksi dengan seseorang tersebut begitu menyenangkan dan memiliki vibes yang begitu positif yang dirasakan.

Bisa jadi seseorang tersebut memiliki "personal magnetism" dalam dirinya.

Apa itu "personal magnetism"

Personal magnetism atau daya tarik pribadi dalam ilmu psikologi sering kali merujuk  pada kemampuan seseorang untuk menarik, memikat, dan memengaruhi orang lain secara alami melalui kepribadian, sikap, dan perilaku mereka. 

Personal magnetism bukan hanya tentang penampilan fisik, tetapi lebih pada kekuatan kepribadian yang membuat seseorang menonjol dan berkesan dalam interaksi sosial. 

Ini adalah kombinasi dari berbagai kualitas seperti karisma, empati, percaya diri, keterampilan komunikasi, ketenangan emosional, keaslian, optimisme, dan sikap positif yang bersama-sama menciptakan daya tarik yang kuat terhadap orang lain.

Konsep Utama dari Personal Magnetism

Ada beberapa studi dan literatur yang membahas tentang konsep personal magnetism dalam konteks psikologi sosial dan komunikasi. 

Meskipun personal magnetism sering kali sulit diukur secara langsung karena melibatkan banyak faktor subjektif, beberapa penelitian telah mencoba mengeksplorasi komponen-komponennya, seperti karisma, daya tarik interpersonal, dan pengaruh sosial.

1. Karisma 

Karisma adalah inti dari personal magnetism. Orang yang karismatik mampu menginspirasi dan memotivasi orang lain, sering kali melalui pesona alami dan kekuatan komunikasi.

Mereka memiliki kemampuan untuk membuat orang lain merasa istimewa dan penting, yang menciptakan ikatan emosional yang kuat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline