Lihat ke Halaman Asli

Kelompok 113 KKNT

Mahasiswa UPN Jatim

Resmi! Pembukaan KKN Tematik Kelompok 113 UPN "Veteran" Jawa Timur "Langkah Baik Menuju UMKM yang Lebih Maju

Diperbarui: 7 April 2022   20:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sambutan Pembukaan oleh Ketua Kelompok 113 dan Perangkat Desa Mentor. Dokpri

Mahasiswa/i semester VI dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur resmi melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di salah satu desa yang terletak di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dibagi di dua Kecamatan di Kabupaten Probolinggo yaitu di Kecamatan Sumberasih dan Kecamatan Bantaran. Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan di dua Kecamatan tersebut, dibagi di beberapa desa yang berada di kecamatan tersebut.

 Pada Kecamatan Sumberasih terbagi menjadi enam kelompok yang ditempatkan di desa berikut antara lain 1. Desa Muneng 2. Desa Laweyan 3. Desa Mentor 4. Desa Ambulu 5. Desa Banjarsari 6. Sumberbendo. Lalu pada Kecamatan Bantaran terbagi menjadi 5 kelompok yang ditempatkan di desa berikut antara lain 1. Desa Legundi 2. Desa Kramat Agung 3. Desa Tempuran dan yang terakhir ialah 4. Desa Besuk. Pada masing-masing kelompok terdiri oleh kurang lebihnya antara 10 sampai dengan 11 anggota baik laki-laki maupun perempuan.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu kegiatan yang menjadi salah satu prasyarat menempuh ujian skripsi dan kelulusan dari sebuah Universitas untuk mendapatkan predikat sarjana. Pelaksanaan KKN-T ini mempunyai skema tersendiri yaitu “Desa Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif” yang mana mahasiswa/i diharapkan mengimplementasikan ilmu yang sudah didapatkan di perkuliahan untuk diterapkan kepada masyarakat secara langsung. Pada KKN-T ini mahasiswa diharapkan lebih berfokus pada UMKM yang menjadi sasaran utama dalam KKN-T MBKM.

KKN-T MBKM ini dilaksanakan dalam kurun waktu kurang lebih 3 Bulan, dalam kurun waktu tersebut mahasiswa/i diberikan tugas untuk membuat para pelaku UMKM bisa lebih menguasai terkait penggunaan media sosial dalam memasarkan produk-produk yang dijual.

 Pada tanggal 30 Maret 2022, kelompok yang berada di desa Mentor melakukan pembukaan secara resmi yang dihadiri oleh Person in Charge (PIC), Anggota Kelompok, Perangkat desa, UMKM serta masyarakat di Desa Mentor. Pembukaan ini dilakukan guna menjadi salah satu simbolis dimulainya pelaksanaan KKN-T MBKM di Desa Mentor.

Kegiatan pembukaan KKN-T di Desa Mentor dibuka oleh salah satu perangkat desa tersebut sebagai perwakilan dari Penanggung Jawab Kepala Desa yaitu Bapak Supono selaku Sekretaris Desa Mentor.

 Pada kegiatan tersebut, Geroldy selaku ketua kelompok 113 KKN-T MBKM menjelaskan secara rinci bagaimana bentuk kegiatan yang akan dilakukan selama 3 bulan kedepan serta menjelaskan program-program kerja apa saja yang telah disusun dan akan diterapkan pada UMKM di Desa tersebut. Bapak Supono juga mengharapkan dengan adanya kegiatan KKN-T MBKM ini bisa memberikan perubahan yang positif bagi pelaku usaha UMKM di Desa Mentor.

Dokumentasi Kelompok 113 dengan Masyarakat. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline