Lihat ke Halaman Asli

Dhamar Fernanda

Profesional

Global Outbreak, Ancaman Serius untuk Indonesia

Diperbarui: 3 April 2020   21:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Di tahun 2015, Bill Gates yang saat itu menjadi pembicara di sebuah seminar TED mengatakan bahwa ancaman manusia di abad 21 bukanlah sebuah perang nuklir yang akan menghancurkan seluruh planet bumi melainkan sebuah pandemi penyakit yang akan mengancam jutaan nyawa manusia.  

Sekilas pemikiran Bill Gates saat itu terkesan mengawang, spanish flu yang menewaskan hampir 33 juta orang di seluruh dunia itu terjadi saat teknologi kesehatan belum semaju sekarang. Jadi mana mungkin pandemi mematikan yang terjadi 100 tahun lalu itu akan terulang? Kirsa-kira itulah pemikiran orang awam saat mendengar perkataan sang CEO. 

Orang pada saat itu lebih mengkhawatirkan pecahnya perang dunia ke 3 karena saat itu perang proxy negara besar dunia tengah berlangsung sengit di Suriah. 

Tapi Bill Gates memiliki pendapat lain, pengalaman hancur lebur dan betapa mematikannya perang dunia ke 2 yang menewaskan hampir 80 juta orang membuat para pemimpin dunia harus berpikir jutaan kali sebelum memutuskan untuk perang secara besar-besaran apalagi ditambah fakta perang dunia ke 3 akan erat kaitannya dengan nuklir yang sangat mematikan itu. 

Opsi perang nuklir akan sangat dihindari oleh semua negara karena tidak hanya berdampak kepada melayangnya jutaan nyawa, melainkan akan mengancam manusia itu sendiri ke jurang kepunahan.  

Bill Gates mengingatkan bahwa opsi perang dunia 3 sebagai ancaman sangatlah kecil dan justru yang lebih dikhawatirkan olehnya adalah sebuah pandemi yang menyebar begitu cepat dan mematikan. Dia khawatir akan kesiapan sistem dunia kesehatan yang menurutnya jauh dari kata siap dan akibatnya akan berdampak fatal kepada keselamatan manusia.

2020, Nowadays

Saat ini prediksi Bill Gates terbukti benar, nyaris 1 juta penduduk bumi terinfeksi virus Covid-19. Dunia dibuat panik dan gelagapan dalam menghadapi pandemi. 

Negara maju sekalipun  sangat kewalahan mengatasi virus Covid-19 yang penyebarannya sangat cepat itu. Ketidaksiapan sistem yang dikatakan bill gates 5 tahun lalu terbukti benar. 

Tenaga medis yang tidak seimbang dengan total pasien, Ahli Virologi yang sedikit, rumah sakit yang tidak dapat menampung ribuan orang sakit pada saat yang bersamaan, kelangkaan APD, lambatnya penemuan vaksin membuat virus ini kian membuat runyam planet bumi. 

Tidak hanya menyerang kesehatan manusia, virus ini juga mampu membuat ekonomi 200 negara terjangkit lumpuh seketika dan dampak mengerikan lanjutannya adalah  ekonomi dunia saat ini jatuh kedalam jurang resesi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline