Dengan banyak perusahaan menghadapi kesulitan besar akibat adanya pandemi virus corona, semua orang mencari cara untuk menghasilkan lebih banyak bisnis dalam situasi ekonomi yang terus terang menakutkan.
Konten telah lama digunakan oleh para pemasar yang cerdas untuk memikat konsumen terhadap merek mereka, untuk memulai percakapan, dan memberi mereka gambaran tentang apa yang diharapkan jika mereka memutuskan untuk membuka dompet dan melakukan pembelian. Dan sama sekali tidak ada yang salah dengan menggunakan konten untuk mendapatkan lebih banyak bisnis. Tapi anda akan membuang-buang waktu jika tidak memberikan semacam nilai bagi konsumen dengan sendirinya.
Wawasan menarik, saran yang dapat ditindaklanjuti, atau hanya hiburan, sebuah konten gratis terbaik akan melakukan ketiganya.
Ada pepatah pemasaran yang berbunyi sinis, "jika produknya gratis, maka anda adalah produknya". Namun, konsep ini juga mengasumsikan bahwa sebagian besar konsumen adalah "luddites" yang tidak tahu apa-apa yang akan membaca, menonton, atau mendengarkan apa pun.
Tetapi kenyataannya adalah, dalam konten yang membanjiri masyarakat yang kekurangan waktu, konsumen telah menjadi pengguna yang sangat tanggap dengan pilihan tak terbatas dan selera yang matang, mereka tidak akan membuang waktu untuk menghabiskan konten yang tidak memberikan nilai. Tidak ada yang akan terlibat dengan konten anda jika itu omong kosong saja, dengan cara yang sama seperti tidak ada yang akan membeli produk anda atau menggunakan layanan anda jika tidak bagus.
Tetapi ketika perusahaan mengencangkan "ikat pinggang" mereka dan mencari cara untuk mengurangi biaya, "outsourcing" pembuatan konten mungkin yang pertama dilakukan. Ada indikasi bahaya bahwa perusahaan akan menggunakan apa pun, hanya untuk mengisi kesenjangan, merusak identitas merek mereka dan menjauhkan staf dari pekerjaan sehari-hari di mana bakat mereka yang sebenarnya berada.
Dalam hal pembuatan konten, kualitas dan kuantitas adalah kuncinya. Tetapi jika Anda tidak dapat memiliki keduanya, tetap berpeganglah pada kualitas.
Dan ada elemen lain yang bekerja juga.
Industri hiburan, bersama dengan yang lainnya, telah menerima pukulan serius dengan pandemi ini. Dan di mana artis, komedian, dan musisi sering menggunakan media sosial untuk menunjukkan bakat mereka. Artis yang kekurangan uang sekarang menggunakan kembali akun media sosial mereka untuk memberikan konten berkualitas tinggi dan mematok harga untuk melihat konten mereka guna menghasilkan pendapatan yang sangat dibutuhkan. Ini kemungkinan akan mengorbankan kualitas konten gratis yang mereka berikan sebelum dampak virus corona.
Hal yang sama berlaku di industri lain, termasuk kebugaran. Banyak pusat kebugaran dan pelatih secara tradisional menyediakan konten gratis untuk melengkapi langganan fisik, layanan tatap muka, tetapi beberapa pakaian sekarang beralih ke model online berbayar, untuk menjawab kesulitan jarak sosial dan memenuhi pedoman pemerintah.