Lihat ke Halaman Asli

Aktualisasi Akhlak dalam Kehidupan

Diperbarui: 26 November 2021   19:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Apa kabar teman-teman sekalian! Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai aktualisasi akhlak dalam kehidupan. Kita sebagai seorang muslim tentunya harus memiliki akhlak yang baik. Mengapa demikian?, karena bila kita memiliki akhlak yang baik niscaya hidup kita akan menjadi aman, nyaman, tentram dan damai dalam pikiran maupun perbuatan. Namun, sebaliknya bila kita memiliki akhlak yang tidak baik, maka hidup kita akan gelisah, tidak nyaman dan rusak. Tanpa berlama-lama, Yuk kita langsung simak pembahasannya! 

Sebelumnya, apakah teman-teman sudah tau arti dari akhlak itu sendiri?, Jika belum, yuk kita sama-sama bahas mengenai akhlak, akhlak muncul dari bahasa arab yang memiliki arti tingkah laku, tabiat dan juga budi pekerti. Sedangkan menurut istilah, akhlak merupakan pemahaman mengenai benar atau buruk, menunjukkan tujuan dan mengatur pergaulan manusia. 

Akhlak pada dasarnya menempel dalam jiwa seseorang, menjadi satu dengan perilaku atau perbuatan. Di dalam Al-Qur'an pun sudah tercantum bahwa akhlak itu tidak hilang dari syariat dan aqidah, oleh karena itu, akhlak menggambarkan perilaku yang mewakili kepercayaan dan kepatuhan. 

Nah, setelah mengetahui tentang arti dari akhlak itu sendiri, sekarang saya akan menjelaskan mengenai sabda Rasulullah SAW mengenai akhlak. Beliau menyebutkan bahwa besarnya pahala akhlak mulia dan beratnya pahala akhlak pada timbangan, beliau bersabda: 

"Sesungguhnya yang terbaik di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya"

(Hadist Riwayat Muslim no 2321 dan Bukhari 10:378) 

Pada Hadist lain Nabi Muhammad memberikan pesan kepada Abu Dzar Al Ghiffari dan Muadz bin jabal untuk bersosialisasi dengan manusia yang memiliki akhlak yang baik dalam sabda: 

"Bertakwa kamu kepada Allah di mana pun kamu berada. Iringilah kesalahanmu dengan kebaikan, niscaya ia dapat menghapusnya. Dan pergauilah semua manusia dengan akhlak yang baik"

( Hadist Riwayat  At-Tirmidzi no 1987) 

PEMAPARAN AKHLAK

Pada bagian ini, saya akan membagikan kepada teman-teman mengenai pemaparan akhlak yang akan saya bagi menjadi 3 bagian, yuk langsung aja kita sama-sama bahas dibawah ini,

  • Akhlak Terhadap Allah SWT
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline