Lihat ke Halaman Asli

Dezanda Dilan

Semangat 45

Alasan Mengapa Pendidikan itu Penting

Diperbarui: 24 Juni 2020   23:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Alexas_Fotos dari Pixabay

Sebagai umat manusia, sudah tentu kita wajib memperoleh pendidikan. Tidak harus pendidikan formal, pendidikan non formal pun juga penting dijalani untuk menambah pengetahuan. Di Indonesia sendiri mencanangkan wajib belajar hingga 12 tahun.

Ini menandakan bahwa pendidikan tidak bisa dianggap sepele. Ilmu dan pendidikan pun sudah ada di dunia sejak zaman dahulu kala. Bahkan, banyak sekali ilmuwan dari seluruh belahan dunia, yang memunculkan teori – teori sejak ratusan tahun yang lalu dan dipakai hingga sekarang.

Pada zaman yang serba modern ini Pendidikan dapat diakses darimana saja dan kapan saja, salah satunya kamu bisa mengakses situs TambahPinter untuk belajar seperti materi sekolah sampai kuliah.

Selain bukti – bukti diatas, lalu apa alasan kuat sehingga pendidikan itu penting di era teknologi ini?

Tidak Mudah Ditipu atau Dicurangi Orang Lain

Penipuan dan kecurangan kerap kali terjadi di sekitar kita, dari yang sepele hingga yang besar dampaknya. Jika kita termasuk orang yang berpendidikan, tentu kita tidak akan mudah untuk ditipu oleh orang lain.

Korban penipuan muncul karena ketidak tahuan dan mudahnya dibujuk oleh sang penipu. Jika kita berpendidikan, tentu hal ini tidak akan terjadi.

Dapat Membedakan yang Benar dan yang Salah

Alasan selanjutnya mengapa pendidikan itu penting, yaitu supaya dapat memahami perbedaan antara benar dan salah. Orang berpendidikan akan sadar atas konsekuensi yang terjadi ketika mereka melakukan suatu tindakan yang salah. Oleh karena itu, orang berpendidikan tidak akan terpengaruh melakukan hal yang melanggar moral atau hukum.

Lebih Percaya Diri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline