Lihat ke Halaman Asli

Nahariyha Dewiwiddie

TERVERIFIKASI

Penulis dan Pembelajar

Tidur Malam bagi Penulis, Memang Perlu!

Diperbarui: 10 Juli 2020   20:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Shutterstock

Rasa-rasanya, kebutuhan tidur terutama saat malam hari, merupakan harga mati, terlebih di saat pagebluk COVID-19 ini.

Habisnya, kebaikan tidur malam ini banyak banget!

Bagi penulis, lebih-lebih iya. Karena kegiatan tersebut pastinya menggunakan otak, kan? Makanya, sebisa mungkin harus mencukupkan diri dengan tidur saat matahari sedang pergi.

Karena, sudah manfaat kesehatan pasti didapat, pikiran dan ingatan juga, intinya sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.

Itulah yang pernah kurasakan, waktu menulis artikel yang diunggah akhir April lalu. Saat itu, waktu menulis, ada bagian yang terlupa. Nah, ketika saya tidur malam yang cukup, keesokan harinya, bagian itu ternyata bisa diingat!

Yup, bagian pernyataan dari Robert Emmons, seorang profesor psikologi dari Universitas California, tentang rasa bersyukur!

Tuh kan, pengalamanku tadi membuktikan bahwa tidur malam bisa mendatangkan keajaiban. Apalagi bagi penulis yang tentu saja berkutat dengan data dan fakta yang didapat dari membaca informasi, dari berbagai sumber.

Ternyata, mencicil materi yang akan dimasukkan ke lemari ingatan (baca: otak), memang butuh waktu ya untuk bisa menyimpannya. Ada prosesnya memang. Dan, kesempatan itulah, waktu-waktu emasnya, didapat saat kita sedang TIDUR MALAM!

Lagi pula, ada kaitannya antara tidur malam dan daya ingat, berhubungan dengan hippocampus dan neokorteks, yang berperan besar untuk membentuk ingatan yang lebih lama.

Ketika kita tidur malam, hippocampus mengulang kembali peristiwa harian pada neokorteks, lalu ingatan tersebut diproses untuk disimpan secara jangka panjang. Bukankah hal itu justru membantu kalian untuk menulis nantinya?

Hmmm, iya sih.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline