Lihat ke Halaman Asli

Jurusan Bukan Hanya Sekedar Memilih !!!!

Diperbarui: 24 Juni 2015   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pemilihan jurusan memang suatu hal yang sering membuat siswa kebingungan sebelum masuk ke jenjang perguruan tinggi. Seringkali jurusan yang dipilih berdasarkan perintah orang tua, ikut-ikutan teman atau sekedar adu gengsi sehingga saat mengikuti perkuliahan justru menjadi sebuah malapetaka. Pemilihan jurusan adalah tindakan yang harus dipikirkan secara matang karena hal itu merupakan fondasi kita ke depannya. Beberapa tips yang dapat saya bagikan ketika akan menentukan jurusan :
1. Pilih jurusan sesuai dengan bakat dan minat. Tetap percaya diri dengan pilihan yang sesuai kemampuan dan jangan ikut-ikutan teman atau memilih jurusan dengan passing grade yang sangat tinggi hanya untuk sekedar adu gengsi agar orang lain memuji kita padahal kita sama sekali tidak menyenangi jurusan yang dipilih.
2. Cari informasi secara detail jurusan yang diminati seperti akreditasi perguruan tinggi tersebut kemudian passing grade jurusan yang akan dipilih, kualitas alumni, mata kuliah yang akan diajarkan, sarana dan prasarana, dll.
3. Pilih jurusan yang fleksibel dan memiliki tingkat peluang yang besar dalam dunia kerja kedepannya. Oleh karena itu, kita harus mampu menganalisa beberapa tahun ke depan jurusan-jurusan yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.
4. Siapkan alternatif jurusan apabila passing grade jurusan pertama tidak tercapai. Pilih alternatif jurusan dengan passing grade dibawah jurusan pertama yang masih sesuai dengan minat dan bakat.
5. Jangan takut memilih jurusan yang membutuhkan biaya tinggi karena begitu banyak beasiswa yang memberikan bantuan perkuliahan dengan catatan kita harus mau belajar keras.
6. Jadikan jurusan yang dipilih bukan suatu beban melainkan suatu hobi yang harus dikembangkan.

Dewi Valentina Butarbutar
Mahasiswa Departemen Agronomi dan Hortikultura
Institut Pertanian Bogor




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline