Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Perdagangan Elektronik

Diperbarui: 18 April 2016   18:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Perdagangan adalah  kegiatan manusia yang mana dilakukan sejak pada masa peradabannya. Kemudian dengan sejalannya waktu dan perkembangan jaman manusia, cara dan sarana yang digunakan berdagang sangat lah berbeda dan berubah. Cara yang terbaru untuk berdagang dan memudahkan pembeli serta  penjual yaitu elektronik, makhluk apakah sesungguhnya elektronik itu???  Dan bagaimana ia bisa mempermudah penggunanya, dan sangat mempermudah penyebaran, penjualan, pemasaran barang dan jasa yang melalui elektronik  ataupun bisa dengan jaringan internet atau televisi yang memungkinkan semua orang sedunia  akan bisa melihatnya apa yang ditampilkan. 

Terutama sekarang yang lebih terkenal yaitu penjualan lewat internet loh guys!!! Yang biasanya di sebut penjualan online yang sekarang ini sangat sangatlah terkenal. Tetapi dengan adanya bisnis online dapat  menguntungkan produsen  dan mempermudah konsumen yaitu bisa dari harga yang terjangkau, menyediakan jasa pembelian yang cepat dan ramah, menyedikan informasi barang dan jasa secara lengkap dan jelas, bisa menyedikan banyak bonus, memberikan perhatian khusus, menyediaka rasa komunitas untuk berdiskusi masukan dari pelanggan, dengan begitulah bisa mempermudah perdagangan. Dan dengan cara pembayaran pembelian online sangatlah mudah, kita hanya dengan mentransfer uang kita ke rekening si penjual. Dengan begitu kita akan langsung mendapatkan barang, dan tidaklah harus bertatap muka. Pengiriman barangpun bisa kita paketkan lewat JNE dan jenis pengiriman barang yang lain, sehingga pembeli tidak usah khawatir dengan kondisi barang tersebut.

 Dan dengan  elektronik pun juga  memungkinkan pengguna bisa melakukan transfer dana elektronik, dan pertukaran elektronik. Dalam perdagangan elektronik mempunyai produk digital dan non digital, sehingga kita bisa memilihnya. Produk digital yaitu perangkat yang ada dalam komputer, contohnya sofware, sedangkan produk non digital yaitu perangakat yang tidak ada dalam komputer (barang tidak terwujud) contohnya, data yang didalam komputer tidak berwujud tapi nampak nyata. 

Elektronik itu merupakan hal yang tidak terlepas dari bisnis, lowongan kerja dan lain-lain. Banyak hal yang baik dari elektronik (dari sisi positif) itu sendiri bisa membantu perusahaan atau perorangan dalam berbisnis dan penjualan. Tetapi dalam penjualan  itu  pasti ada sisi negatif  yang biasanya, penipuan dengn cara pencurian identitas tidak sampainya barang kepada pembeli, rentan masalah jika melakukan pembayaran elektronik, tidak sampainya barang ke pelanggan, hukum yang tidak tegas. Dalam penjualan barang dengan sitem online pembeli harus teliti dalam memilih suatu produk, jangan langsung tergiur dengan gambar yang di promosikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline