Lihat ke Halaman Asli

Dewi Sri Tunjungsari

Guru dan Penulis

5 Macam Perilaku Orang di Masa Pandemi

Diperbarui: 3 Agustus 2021   22:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.freepik.com

Pandemi COVID-19 telah berlangsung sejak awal tahun 2020. Pemerintah telah melakukan beragam upaya dalam mencegah penyebaran virus ini. 

Beberapa upaya yang telah dilakukan pemerintah antara lain Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). 

Kebijakan tersebut mendorong masyarakat untuk menyesuaikan perilaku sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.  

Meskipun begitu, macam-macam perilaku orang di masa pandemi ini sangat unik menurut penulis. Kira-kira apa saja perilaku orang di masa pandemi?

1. Orang sotoy

Orang sotoy pasti kita temukan. Orang-orang ini tidak percaya kepada pandemi. Mereka cenderung mengabaikan protokol kesehatan dan tidak mau mentaati aturan agama yang optimis dalam menghadapi pandemi dengan berupaya taat protokol dulu. 

Biasanya dia nggak mau pake masker, nggak mau cuci tangan lebih sering, nggak mau divaksin tanpa udzur tertentu, nggak mau taat aturan, cara pakai maskernya salah. 

Duaaablek pokoknya!! Kebanyakan mereka beruntung karena tak terkena, tapi setelah kena baru percaya dan baru tobat. Karena ulahnya, ia akhirnya menularkan banyak orang termasuk keluarganya.

2. Orang yang tertib

Orang yang tertib ini biasa kita temukan disekitar kita. Ia taat memakai masker, memakai handsanitizer, membawa face shield, dst. 

Namun, karena takdir ada juga yang akhirnya terkena. namun mereka tak putus asa. Beberapa dari mereka ada juga yang bertanya: kekurangan mereka apa, kenapa masih kena?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline