Semenjak 4 April 2016 kemarin sistem tiket untuk transportasi umum seperti SkyTrain, Bis dan SeaBus di propinsi British Columbia kanada mengalami perubahan.
Meskipun enam bulan sebelumnya telah ada pemberitahuan dari TransLink, bahkan telah digembar gemborkan melalui media massa seperti, Televisi, berbagai macam tabloid, koran-koran, radio bahkan pengumuman berupa poster-poster dipasang diberbagai tempat umum, namun pada kenyataannya masih banyak orang yang tidak mengerti.
TransLink adalah satu-satunya perusahaan yang menangani masalah transportasi di Vancouver Kanada, mereka bertanggung jawab penuh atas semua sistem transportasi serta mempunyai kewenangan untuk bertanggung jawab atas perencanaan, pembiayaan dan pengelolaan semua angkutan umum disamping pemeliharaan jalan-jalan utama dan jembatan.
Dan rupanya enam bulan tidaklah cukup untuk mensosialisasikan tentang perubahan sistem ini kepada masyarakat umum terutama kepada mereka pengguna SkyTrain. Oke’lah bagi mereka yang baru datang ke Vancouver dan belum mengerti sama sekali, tapi rasanya ko aneh banget dan kebangetan kalau penduduk setempat sendiri tidak mengerti bagaimana menggunakan “Kartu Compass”. Oh,ya kalau disini meskipun mereka mempunyai kendaraan pribadi tetapi ada sebagian orang yang memilih memarkir kendaraannya ditempat parkir yang berada disekitar stasiun kereta lalu melanjutkan perjalanannya dengan SkyTrain.
Semenjak Translink meluncurkan kartu Compass sebagai tiket resmi bagi pengguna Bis, SkyTrain dan SeaBus maka semua pintu masuk kedalam stasiun SkyTrain dan SeaBus ditutup dan selalu dijaga oleh beberapa orang Security TransLink yang berdiri dipintu masuk. Sebelumnya semua pintu masuk dibuka tanpa ada penjagaan dari Security TransLink jadi besar kemungkinan bagi orang untuk masuk tanpa tiket.
Meskipun terkadang ada razia tiket tapi tetap saja masih banyak orang yang mengambil kesempatan untuk tidak jujur, misalnya menggunakan tiket untuk satu zone pergi ke daerah dua zone atau tiga zone. Dan bagi mereka yang membeli tiket dengan sistem bulanan sesungguhnya kejujuran mereka diuji disini karena mereka bisa memanfaatkan kelengahan petugas security jika kebetulan ada razia disekitar stasiun atau pada waktu ada pemeriksaan tiket didalam bis.
Sistem Tap In dan Tap Out
Yang dimaksud dengan sistem Tap In Tap Out ini adalah semua pemegang kartu Compass wajib melakukan Tap In ketika memasuki stasiun SkyTrain, dan jangan lupa untuk Tap out ketika keluar dari stasiun. Kartu Compass yang luncurkan Translink ini sebagai “kunci” untuk membuka gate yang telah ditutup semenjak 4 April lalu.
Ada tiga macam kartu Compass yang bisa digunakan dengan berbagai warna tentunya. Warna biru adalah kartu compass untuk orang tua, warna orange untuk anak anak diatas lima tahun juga untuk senior atau mereka bagi mereka yang sudah berumur diatas 60 tahun, sedangkan kartu Compass berwarna putih adalah kartu Compass yang dibeli secara single dan di pakai untuk sekali jalan dan langsung dibuang.
Kartu Compass berwarna putih ini berlaku selama satu jam 45 menit saja. Ruginya kalau kita hendak pergi ke daerah dua zone atau tiga zone yang memerlukan waktu lebih dari yang ditentukan maka kartu Compass akan expired dan itu artinya kita harus membeli kartu Compass yang baru.
Dan untuk kartu berwarna biru dan orange kita bisa mendapatkannya di mesin-mesin yang ada di seluruh stasiun kereta dengan membayar deposit 6$.
Bagi saya kartu compass yang berwarna biru dan orange ini lebih mirip seperti kartu debit karena setiap kali kita melakukan TAP IN pada mesin yang berada dipintu masuk stasiun, itu artinya kita melakukan transaksi dan uang kita akan berkurang secara otomatis. Apabila uang kita tidak mencukupi untuk bertransaksi maka mesin TAP IN akan berbunyi dan screen mesin akan memberitahu kalau kartu kita minus.