Lihat ke Halaman Asli

Dewi Nurbaiti (DNU)

TERVERIFIKASI

Entrepreneurship Lecturer

Surat Terbuka untuk Bapak Anies Baswedan

Diperbarui: 28 Juli 2016   06:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kepada yth :

Bp. Anies Baswedan

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI

Di manapun berada

Dengan penuh rasa hormat,

Pak Anies, saya Warga Negara Indonesia, ibu dua anak, tinggal di pinggiran kota Jakarta, yang bukan apa-apa, cukup terkejut membaca hilir mudik berita tentang Bapak siang ini (27/7), yakni tentang selesainya masa jabatan Bapak sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Saya tidak ingin membahas mengapa masa jabatan Bapak selesai begitu cepat, biarlah itu menjadi urusan negara, dan saya yang hanya sekedar penggemar Bapak merasa tidak berkepentingan untuk mengetahui alasannya.

Melalui surat ini saya hanya ingin menyampaikan bahwa tidak sedikit masyarakat Indonesia yang merasakan keteduhan dan sapuan angin sejuk bagi dunia pendidikan kala Bapak memegang jabatan. Dan kini saat semuanya selesai kami berharap keteduhan tersebut tetap ada, dan semilir anginnya tetap terasa. Bahkan lebih kuat adanya.

Selamat menjadi diri Bapak yang seutuhnya ya Pak, yang bebas berkarya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa di luar kursi kepemerintahan Indonesia. Bukan apa-apa, hanya saja sang penghembus angin keteduhan kini tak lagi terikat birokrasi yang pernah ada.

Adalah karena berbagai wejangan Bapak maka banyak pemuda pemudi Indonesia termasuk saya yang pada akhirnya paham benar tentang adanya tanggungjawab terhadap pendidikan anak Indonesia.

Perangai Bapak yang begitu lembut mengajarkan kami bahwa mengentaskan kebodohan tidak harus dengan kekerasan. Menjadi pendidik tidak harus galak, namun justru kelembutanlah yang bisa melunakkan semuanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline