Lihat ke Halaman Asli

3 Cara Mudah Merawat Rambut Bagi Hijaber

Diperbarui: 3 Oktober 2018   18:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

solidar.org

Menggunakan hijab bukan berarti tidak wajib menjaga kesehatan rambut. justru rambut harus di rawat dengan baik, karena rambut yang tertutup oleh kerudung akan mudah rontok dan berketombe.

Menggunakan hijab dapat melindungi kepala dari paparan sinar matahari langsung, namun akan membuat kulit kepala mudah berkeriongat. Alhasil rambut akan mudah kotor lembab dan rontok. Di kutip dari CNNIndonesia, Perawatan bagi perempuan yang berhijab sebenarnya cukup sederhana, cukup dengan melakukan 3 cara ini :

1. Ganti gaya tataan rambut setiap hari
Gaya Penataan rambut saat sebelum berhijab mempengaruhi tampilan hujab nantinya. Apakah rapi atau tdak. Biasanya para wanita mengikat rambut dengan mengikat rambut dengan kencang dan menngunakan cepol agar bagian belakang kepalanya terlihat besar. 

Padahal, hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit kepala. Jika  berlangsung terus menerus akan menimbulkan kerontokan pada rambut. Oleh karena itu, para pengguna hijab harus menata rambutnya dengan cara yang berbeda-beda setiap hari, sehingga tekanan tidak menetap di satu titik saja. Hari pertama di ikat di tengah bagian belakang, hari kedua di ikat agak ke atas bagian kepala, dan hari ketiga di ikat si samping cepol.

2. Menggunakan bahan inner jilbab 'breathable'
Pengguna hijab sebaiknya memilih ciput atau dalaman yang terbuat dari bahan katun atau sutra. Pilih kain yang 'breathable,' agar udara bisa masuk. Hindari memakai daleman berbahan lycra ataupun polyester. 

Karena menggunakan dalaman jilbab dengan bahan kedap udara akan menghambat sirkulasi udara di dalam helai rambut dan kulit kepala. Nantinya, rambut dan kulit kepala menjadi  lembab,berketombe, dan akan semakin memperparah kondisi rambut. lebih parahnya rambut akan semakin rontok.

3. Gunakan produk perawatan rambut yang sesuai
Jika memakai jilbab menyebabkan rambut berketombe,lepek dan rontok, maka pilihlah produk perawatan rambut yang dapat menangani masalah-masalah tersebut. sebelum membeli produk untuk rambut teliti dan cari tahu produk apa yang cocok untuk masalah rambut yang di alami. Apabila kulit rambut berkeringat dan kotor sebaiknya di cuci, di anjurkan dua hari sekali.

Menjaga kesehatan rambut tidak hanya dengan perawatan dan penataan. Namun harus didukung pula dengan mengkonsumsi asupan nutrisi dan menjaga agar mood baik sehingga tidak stres. Karena stres sangat mempengaruhi kesehatan rambut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline