Lihat ke Halaman Asli

Dewinta Darmasari

Mahasiswa S1 UNP

Wajib Tahu Caranya Menulis Job Posting yang Efektif

Diperbarui: 5 September 2024   16:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Rintisan (Recruitment and Onboarding) Volume 35 Tahun 2024

Panduan Taktis dalam Merekrut Karyawan Pertamamu di Startup

 

Wajib Tahu Caranya Menulis Job Posting yang Efektif :

Job posting yang ditulis haruslah menarik dan kreatif hingga membuat orang-orang tertarik dengan untuk mengirimkan CV (Curriculum Vitae)-nya ke startup-mu.

Job posting adalah, disebut juga dengan lowongan pekerjaan atau iklan pekerjaan. Yang pada umumnya berisi tentang penjelasan dari posisi pekerjaan yang akan ditawarkan serta mencantumkan detail menarik tentang startup yang membutuhkan talenta tersebut, seperti benefit yang akan didapatkan oleh karyawan dan fasilitas lainnya.

  • Menulis Jabatan yang menarik (job title)
  • Diawali dengan judul yang jelas pada posisi terseburt.
  • Terdiri dari dua bagian. yaitu gambaran umum tentang jabatan dan tanggung jawab pekerjaan.
  • Judul yang disajikan ringkas dan mudah dicerna.
  • Ringkasan berisi tentang tanggung jawab pekerjaan.

Contohnya : Kamu akan menjadi kesan pertama bagi kantor eksekutif kami

Menulis deskripsi pekerjaan secara singkat

  • Menuliskan dua atau tiga fitur posisi yang menarik bagi para pelamar kerja.
  • Menyoroti paling banyak lima tugas pekerjaan yang paling prioritas menggunakan poin-poin.
  • Menggunakan kata aktif dibandingkan kata pasif agar pelamar kerja muda memahami isi pesannya.
  • Menyebutkan top benefits.
  • Menjelaskan tiga hingga lima poin penting, mengapa para kandidat harus melamar pekerjaan ini.
  • Contoh benefits adalah "startup yang mendukung remote working, paid sick leave. dll.
  • Menyertakan kualifikasi (qualification) dan persyaratan keterampilan (skills requirements)
  • Menuliskan daftar keterampilan wajib yang dimiliki kandidat
  • Keterampilan wajib, prestasi, pendidikan dan pengalaman kerja yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan
  • Sertakan juga dengan daftar keterampilan pilihan
  • Seperti pendidikan tambahan,pengalaman tambahan, latar belakang dalam industri tertentu.
  • Memperkenalkan startup-mu
  • Menulis paragraph singkat mengenai kisah startup
  • Menjelaskan nilai inti startup atau tingkat pertumbuhanmu
  • Diakhir menggunakan informasi untuk kontak
  • Menulis email dan nomor telepon untuk mengirim lamaran kerja

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline