Lihat ke Halaman Asli

Pramuka Berinovasi Versi Pramuka Perti

Diperbarui: 22 Desember 2020   11:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Siapa yang tidak kenal pramuka? Ialah Praja Muda Krana yang mencerminkan jiwa muda yang suka berkarya. Masuk disetiap jenjang pendidikan. Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, hingga Perguruan Tinggi. Lalu, apa dan mengapa Pramuka begitu eksis dari dulu hingga sekarang? Sebabnya, keunikan atau ciri khas organisasi yang dimiliki oleh Pramuka.

Dasa Dharma pramuka, 10 pilar yang menjadi kode kehormatan yang memiliki makna yakni suatu aturan maupun norma yang menjadi ukuran kesadaran mengenai dan atau tentang akhlak yang memang harus dimiliki oleh seorang anggota pramuka diantaranya takwa kepada tuhan yang maha esa, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, patriot yang sopan dan kesatria. patuh dan suka bermusyawarah, rela menolong dan tabah, rajin,terampil dan gembira, hemat,cermat dan bersahaja, disiplin, berani dan setia, bertanggung jawab dan dapat dipercaya dan, suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Ia menjadi tolak ukur bagi seorang anggota pramuka, menjadikannya berkarakter melalui sistem pendidikan yang dilakukan oleh organisasi pramuka. Jika diselami lebih dalam. Pramuka bukan hanya tentang berlumur lumpur, berpanas-panasan, dan berkemah. Lebih jauh dari itu pramuka ada karena memang menjadi penting bagi pembentukan karakter setiap jiwa muda Indonesia untuk dapat terus berkarya.

Pemuda Indonesia harapan bangsa memang pemuda yang mengimplementasikan dasa dharma dalam dirinya, penting sekali untuk tahu dan menyelami setiap makna pada dasa darma yang ada, karena itu yang menjadikan pramuka penting, pengimpelemntasian dasa dharma untuk membentuk pribadi pemuda harapan bangsa.

Pramuka hari ini terus melalukan inovasi, terutama pramuka perguruan tinggi, seperti Gerakan Pramuka PTKIN Se-Indonesia yang terus eksis melakukan berbagai macam inovasi.

Selain akhlak dan norma yang diperhatikan untuk membentuk pribadi harapan bangsa, juga diperlukan skill atau kemampuan yang dapat menunjang dirinya untuk hari ini dan masa depan. Hingga saat ini, pramuka utamanya di perguruan tinggi melalukan inovasi dalam hal peminatan setiap anggotanya melalui pokja atau unit yang dimiliki oleh suatu Gerakan pramuka. Yang dengannya, diharapkan setiap anggota pramuka yang sudah lulus mengenyam pendidikan dapat sudah memiliki kesiapan untuk menghadapi tantangan Global.

Pramuka berinovasi dengan karya dari hati




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline