Lihat ke Halaman Asli

Dewi Marliyana Ulfah

Mahasiswa S1 Peternakan Universitas Diponegoro

Mahasiswa KKN Undip Serukan Gerakan Ayo Minum Susu Sebagai Peningkat Imun!

Diperbarui: 13 Agustus 2022   02:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Semarang (12/08/2022) -- Mahasiswa KKN Tim II tahun 2022 dari Prodi Peternakan mengadakan Gerakan Ayo Minum Susu Sebagai Pelengkap Gizi Seimbang juga Peningkat Imunitas dengan sasaran masyarakat khususnya para remaja Kelurahan Ngijo.

Program ini dilakukan karena banyak masyarakat khususnya para remaja RT 05 RW 02 Kelurahan Ngijo yang mulai beraktivitas dengan kepentingannya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan hidup, sekolah atau sekedar keluar rumah untuk membeli sesuatu yang mengakibatkan bertemu dengan banyak orang sehingga dapat meningkatkan resiko interaksi antar satu manusia dengan manusia lain.

Kegiatan diawali dengan mengurus perizinan ke RW lalu melakukan survei lokasi kemudian mengidentifikasi masalah yang ada di lokasi, mencari referensi dan membuat materi untuk sosialiai dan edukasi, mengadakan penyuluhan mengenai Gerakan Ayo Minum Susu Sebagai Pelengkap Gizi Seimbang juga Peningkat Imunitas.

Antusias yang besar dari masyarakat khususnya para remaja RT 05 RT 02 Kelurahan Ngijo yang tinggi dapat dilihat dari komitmen mereka untuk tetap menjaga imunitas dikala pasca pandemic. "Mahasiswa KKN Undip mengajarkan hal yang belum kami ketahui seperti cara pasteurisasi susu yang dapat kami lakukan setiap hari", kata Ibu Nia selaku Ketua RT 05.

Susu memiliki kandungan yang lengkap dan sangat dibutuhkan bagi tubuh kita seperti air, karbohidrat, lemak, protein, vitamin, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, zinc, retinol, beta-karoten, thiamin dan riboflavin. Lemak susu dapat melarutkan vitamin A, D, E, dan K yang tidak dapat dilarutkan oleh air biasa. Vitamin A memiliki fungsi untuk menunjang siste kekebalan tubuh dan vitamin D memiliki fungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Kedua vitamin tersebt sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan imun.

Kandungan lemak alami dalam susu sapi dapat dengan mudah mengangkut vitamin tersebut sehingga dapat diproses oleh tubuh. Selain itu, mengkonsumsi susu memiliki banyak sekali manfaat diantaranya menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, meringankan lelah dan stress, merangsang pertumbuhan tulang dan gigi, merangsang perkembangan otak serta mnejaga tekanan darah.

Kandungan nutrisi susu yang tinggi dan banyaknya manfaat susu inilah yang menjadikan susu sebagai minuman pelengkap gizi seimbang dan meningkatkan sistem imun.

Metode yang digunakan dalam program Gerakan Ayo Minum Susu Sebagai Pelengkap Gizi Seimbang juga Peningkat Imun ini yaitu penggunaan media berupa poster atau pamflet yang berisikan ajakan untuk mengkonsumsi susu serta manfaatnya. Metode lainnya yang dilakukan yaitu memberikan pencerdasan secara lisan kepada masyarakat khususnya para remaja RT 05 RW 02 saat penyuluhan dilakukan mengenai dampak positif susu serta pemutaran video mengenai proses pengolahan susu pasteurisasi dengan berbagai rasa.

dokpri

Selain itu, poster Gerakan Ayo Minum Susu juga ditempel pada mading Kelurahan Ngijo.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline