Lihat ke Halaman Asli

Dewi Lestari

Bismillaahirrahmaanirrahiim

PAUD Juga Memerlukan Strategi dalam Pembelajarannya

Diperbarui: 17 Februari 2022   22:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://thumbs.dreamstime.com/

Pendidikan saat ini seringkali menyoroti sebuah lembaga yang menjadi perhatian dunia, yaitu PAUD.  Pendidikan anak usia dini inilah yang di maksud. PAUD adalah suatu upaya pembinaan untuk anak yang baru lahir hingga usia enam tahun. Hal ini seringkali disebut dengan golden age atau masa keemasan anak.

Terkait akan hal tersebut, pendidikan anak usia dini memerlukan strategi  dalam pembelajarannya untuk mengembangkan berbagai kemampuan anak. Alasan keberadaan strategi pembelajaran untuk anak usia dini adalah agar anak dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan anak yang lain secara individu atau kelompok.

Strategi pembelajaran PAUD dapat diartikan dengan  hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan, baik prosedur, langkah, maupun metode dan teknik yang dipilih untuk mempermudah, memfasilitasi, dan memberi bantuan yang lain kepada siswa dalam mecapai tujuan-tujuan instruksional.

Pendapat lain mengatakan yaitu Gropper dalam Wiryawan dan Noorhadi (1998)  bahwa strategi pembelajaran merupakan sebuah metode yang diartikan luas sebagai perencanaan, pelaksanaan, penilaian, pengayaan, dan remedial yakni memilih dan menentukan perubahan perilaku, pendekatan, prosedur, metode, teknik, dan norma-norma atau batas-batas keberhasilan.

Ilmu dan seni yang menggunakan sumberdaya dalam pembelajaran anak usia dini juga merupakan pengertian dari strategi pembelajaran, yang mana artinya dapat diterima dengan mudah. Strategi pembelajaran untuk anak usia dini berorientasi pada tujuan yang mengarah pada perkembangan, disesuaikan dengan karakteristik anak, metode yang bervariasi, aktif, inovatif, menyenangkan, dan kegiatan-kegiatan yang tepat, aman, nyaman, menarik, waktu yang cukup, dan diikuti dengan evaluasi partisipatif yang saling berkaitan. Kesesuaian strategi pembelajaran dengan sasaran (kemampuan awal, karakteristik, yang kaitannya dengan latar belakang dan status sosial, serta perbedaan kepribadian). Kemampuan strategi pembelajaran (kelompok dan individu).

Unsur-unsur dari strategi pembelajaran ialah : 

  1. menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran
  2. mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif
  3. mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran
  4. menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan dan ukuran baku keberhasilan

Tujuan dari strategi pembelajaran adalah : meningkatkan kemampuan berfikir

Prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini

  • Berorientasi pada tujuan
  • Aktivitas
  • Individualis
  • Integritas
  • Interaktif
  • Insipiratif
  • Menyenangkan
  • Menantang
  • Motivasi

Strategi pembelajaran sangat dibutuhkan bagi seluruh dunia pendidikan, agar proses belajar mengajar dapat tercapai dengan maksimal.  Adanya startegi pembelajaran PAUD diharapkan anak peserta didik bekerja secara menyeluruh dan peran guru hanya sebagai faslitator yang dapat ngemong serta among. Tercapainya suatu tujuan dapat diperoleh dari sebagaimana kedua belah pihak menjalankan dengan sebaik-baiknya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline