Lihat ke Halaman Asli

Dewi Lestari

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Jangan Jauh-Jauh Dulu, Sebelum Tahu Apa Temperamen?

Diperbarui: 29 September 2021   00:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Ilustrasi: fischerandpartners.com

"tenang, pikir dulu baik-baik. Jangan gegabah..."

"kamu jangan marah-marah...."

"kamu harus senyum yaaa..."

Seseorang itu menanggapi berbagai pujian, hinaan, ataupun lain sebagainya dengan sikap yang berbeda-beda. Contoh sederhananya saja ketika seseorang itu di puji, adakalanya orang itu biasa saja, adapula yang senang, adapula sikap lainnya. Begitu juga dengan seseorang yang dihina, ada yang menyikapi dengan diam, ada yang emosi, dan lain sebagainya. Semua itu tergantung setiap individu bukan?

Seberapa pandai seseorang itu menahan dan seberapa kuat mereka bersabar.

Dengan judul yang saya tuliskan, tatkalanya temperamen menjadi bahasan yang saya tuangkan lewat tulisan kali ini. Berbagai informasi saya baca, saya pahami, antara sulit dan senang menjadikan saya lebih semangat membahas mengenai temperamen.

Kedenganrannya tidak asing mengenai temperamen ini, eeiiitsss... wait yaaaa.... Akan ada beberapa yang saya berikan terkait temperamen ini, yakni informasi, ilmu dan pembelajaran insyaallah manfaat. Aamiin... belajar Bersama-sama yaaa....

Lanjut yaaaa... katanya tidak asing kan? Apa itu temperamen... ada banyak pendapat mengenai temperamen. Pendapat yang saya ambil ialah pendapat dari Alport yang mengatakan bahwa temperamen ialah satu jenis sifat emosi yang dimilki oleh seorang individu, reaksi atas rangsangan emosi, kecepatan merespon sesuatu, dan suasana hati. 

Kemudian dalam kamus besar Bahasa Indonesia menjelaskan terkait temperamen ini, yakni sifat batin yang tetap memengaruhi perbuatan, perasaan, dan pikiran (periang, penyedih, dan sebagainya) ia mudah tersinggung dan mudah marah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline