Lihat ke Halaman Asli

Dewi Kusrini

Dosen Departemen Pendidikan Bahasa Jepang UPI

Project Based Learning untuk Pengajaran Membaca Bahasa Jepang

Diperbarui: 1 April 2023   17:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Tanggal 11 Desember 2021, saya mengikuti seminar dan lokakarya ASPBJI Korwil Sumatra Barat yang mengangkat tema Implementasi Project Based Learning dalam Pendidikan Bahasa Jepang atau (Nihongo Kyouiku Ni Okeru Purojekutogata Gakushuu no Jisshi).

Dengan pemateri utama Ibu Shigemori Miyoko, seorang ahli pengajaran bahasa Jepang dari The Japan Foundation, dipaparkan mengenai bagaimana Project Based Learning (PjBL) ini dapat menjadi solusi agar pembelajaran yang mengedepankan siswa atau dengan istilah Student Centered Learning (SCL) dapat terlaksana.

Ternyata PjBL itu tidak hanya meminta siswa untuk membuat proyek saja, tetapi dalam PjBL, kita sebagai pengajar perlu memperhatikan ketiga hal berikut ;

  1. Apakah keterampilan yang diperoleh melalui PjBL ini sesuai dengan capaian yang ditetapkan dalam perkuliahan?
  2. Apakah ada keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari bermasyarakat?
  3. Apakah memang PjBL ini memiliki nilai? 

Sehingga, dosen tidak berperan memberi materi, melainkan memberikan rangsangan agar mahasiswa dapat mendefinisikan permasalahan yang dihadapi, menganalisis kemungkinan solusi masalahnya, dan mewujudkan jawaban dari masalah tersebut dalam bentuk proyek yang bermanfaat bukan hanya bagi mahasiswa itu sendiri tapi bagi penikmat karya yang telah dihasilkannya.

Saya sendiri mempresentasikan hasil penelitian saya terkait penerapan PjBL dalam perkuliahan dokkai (membaca pemahaman bahasa Jepang) tingkat menengah. Melibatkan website sumber berita berbahasa Jepang yaitu NHK News Web Easy dan hasil proyek mahasiswa berupa video penjelasan beritanya di sini : https://bit.ly/PjBLchujodokkai121_jpnnews  

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa mahasiswa cukup termotivasi untuk menambah kegiatan membacanya, apabila hasil bacaannya bermanfaat untuk masyarakat luas. Kedepannya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut agar mahasiswa dapat lebih menyadari audiens untuk meningkatkan motivasi kegiatan membacanya. Kalau ingin mengetahui lebih detail, disilakan untuk menyimak versi artikel ilmiahnya di  ;   https://hirameki.ejournal.unri.ac.id/index.php/hirameki/article/view/58 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline