Lihat ke Halaman Asli

DEWI ISWATUN ASMAUL KHUSNA

Universitas negeri Malang

Pengenalan Kesenian Ludruk

Diperbarui: 5 Mei 2023   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Ludruk adalah suatu kesenian drama tradisional dari Jawa Timur. Ludruk merupakan suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian yang dipergelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan, dan sebagainya yang diselingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik. Ludruk termasuk dalam drama.

Saat ini kesenian ludruk tidak terlalu dikenal oleh generasi muda, penyebabnya bisa karena kurangnya literasi dan pengenalan ludruk di kalangan modern. Para seniman ludruk ini seharusnya bisa membawa kesenian ludruk ini pada generasi selanjutnya sebagai penerus kesenian khas Jawa Timur. 

Namun generasi muda lebih tertarik dengan budaya yang ada dari luar karena akses untuk mencari informasi lebih cepat dibanding zaman dahulu sebelum masuknya perkembangan-perkembangan teknologi. Teknologi juga menjadi faktor yang pelestarian akan kesenian tersebut semakin kurang.

Untuk mengatasi hal tersebut kami mahasiswa Universitas Negeri Malang jurusan Hukum Kewarganegaraan membuat gerakan pengenalan ludruk kepada generasi muda melalui book table.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline