Lihat ke Halaman Asli

Dewi Foreza

Fashion and life style

Mengenal Keindahan Konsep Sustainable Wastra by Andra Rachman

Diperbarui: 21 Juli 2023   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://instagram.com/andrachman.official

Trend dan model fashion terus muncul inovasi baru, yang kini banyak dibicarakan adalah sustainable fashion. Andra Rachman adalah Private label designer yang mempunyai visi pada pelestarian budaya kain Indonesia dengan konsep ramah lingkungan.

"Sejauh ini wastra yang ada di pasaran menggunakan fabric yang mengandung polyester dan pewarna zat kimia, dimana bahan-bahan tersebut butuh proses lama untuk terurai atau tidak ramah lingkungan," ungkap Andra Rachman pada Kompasiana, Sabtu (15/07/2023).

https://instagram.com/andrachman.official

Tema yang dibawakan pada acara Tangerang Modest Fashion Week kali ini yaitu mengusung tema "Javaphile". Java artinya "Jawa", Phile artinya "Pecinta Kopi". "kami mengelolah limbah dari kulit kopi yang biasanya dibung begitu saja menjadi pewarna alam untuk kain yang sebelumnya diproses layaknya batik pada umumnya dan kami juga memakai kain bahan ramah lingkungan dari bahan Tencel dan 100% viscose," ungkap Andra Rachman pada saat presscon TMFW.

Koleksi pertama dari konsep Javaphile tersebut mengangkat tema "re*born" yang artinya terlahir Kembali. Javaphile sudah ada sebelum adanya covid dan baru terealiasikan sekarang karena butuh proses Panjang serta uji produk dengan adanya pemotongan waktu yang diakibatkan oleh pandemic. 

Re*born sendiri terinspirasi dari kupu-kupu dimana untuk menjadi cantik butuh proses Panjang. Pada acara TMFW ini Andra Rachman mempersembahkan koleksi Re*born dengan style romantic elegant, tone warna coklat yang terlahir dari pewarnaan kulit kopi setail kupu-kupu dan hasil border sebagai icon utama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline