Lihat ke Halaman Asli

Dewi SitiFatimah

GURU BAHASA JAWA SMK NEGERI 1 GOMBONG

Penggunaan Mentimeter sebagai Media Refleksi Pembelajaran yang Menyenangkan

Diperbarui: 20 November 2023   13:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

mentimeter.com

Hai, Sobat Guru!

Mari Kita belajar tentang Refleksi pembelajaran menggunakan mentimeter.

Pembelajaran yang menyenangkan tentunya menjadi harapan bagi guru dan peserta didik. Dimana seorang guru mampu menghadirkan media-media yang tentunya menarik peserta didik untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan baik asik dan menyenangkan. Media-media pembelajaran yang menarik tentunya banyak jenisnya. Terutama media digital yang sangat merebak di kalangan mudha-mudhi sekarang ini. Peserta didik lebih mahir di dunia digital yaitu smartphone. Pembelajaran yang disajikan dengan smartphone memiliki daya tarik tersendiri bagi peserta didik. Karena mereka dapat dengan mudah mengakses media pembelajaran dengan smartphone mereka sendiri. 

Setelah melaksanakan proses pembelajaran. Guru sebaiknya melaksanakan tahap refleksi di akhir pembelajaran. 

Refleksi merupakan kata yang kerap didengar saat proses pembelajaran. Refleksi adalah istilah yang dikenal juga sebagai cerminan atau gambaran.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), refleksi adalah gerakan, pantulan di luar kemauan (kesadaran) sebagai jawaban atas suatu hal atau kegiatan yang datang dari luar. 

Dalam pembelajaran, refleksi merupakan suatu hal yang sangat penting dilakukan, tetapi sering kali dilupakan. Refleksi berkaitan dengan penilaian ataupun umpan balik setelah melakukan atau mengikuti proses belajar mengajar dalam waktu tertentu.

Kegiatan refleksi  berguna untuk menyalurkan ungkapan dari proses pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah proses pembelajaran tersebut berlangsung baik atau tidak. 

Refleksi dalam pembelajaran tentunya mempunyai tujuan yang esensial, yaitu: 

1. Memahami respons peserta didik dalam pembelajaran atau penyampaian materi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline