Lihat ke Halaman Asli

Yuk Atur Memori Otak Kita

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1391704535181785699

[caption id="attachment_310678" align="aligncenter" width="200" caption="sehatkufreemagazine.wordpress.com"][/caption]

Daya ingat atau memori otak sangat berpengaruh dan dekat dengan kehidupan kita, apapun akan terganggu jika kita mudah lupa tentang apa yang sudah kita usahakan untuk selalu diingat. Misalnya saja, seorang mahasiswa, apapun jurusannya, misal Biologi. Perlu banyak-banyak belajar tentang bagaimana cara meningkatkan daya ingat atau memori otak agar kuliah saya tetap lancar karena setiap hari ada istilah baru dan itu semua harus benar-benar tertanam dalam otak. Begitupun dengan semua orang lainnya. Bukan hanya mahasiswa yang harus dan perlu meningkatkan daya ingat tentang apa yang dipelajari. Tetapi juga semua orang yang bekerja pada bidangnya masing-masing.

Berikut merupakan tips-tips cara mengatur memori penyimpanan otak menurut buku Double Your Brain Power yang ditulis oleh Jean Marie Stine :

ØJika kalian ingin menyimpan sesuatu/memori anda dalam jangka pendek,maka simpanlah pada waktu pagi hari.(bagian otak yang menyimpan memori jangka pendek pada pagi hari lebih efisien sekitar 15%)

Banyak teman-teman yang saya tanya tentang kapan waktu mereka belajar, kebanyakan dari mereka menjawab pada waktu pagi hari, alasannya bermacam-macam. Ada yang bilang karena waktu pagi hari otak lagi fresh-freshnya dan ada yang bilang pagi hari suasana masih sepi sehingga nyaman kalau waktu itu digunakan untuk belajar. Yang dimaksud pagi disini adalah waktu-waktu sebelum subuh. Walaupun secara pada waktu ini hanya dapat menyimpan memori jangka pendek tapi hasilnya memang saat bagus untuk hari itu juga, maka tak heran seharian mereka bisa mengingat apa yang dipelajari tadi pagi.

ØJika kalian ingin menyimpan memori dalam otak anda dalam jangka waktu yang panjang maka simpanlah pada waktu siang hari,karena pada sianghari bank memori anda bekerja pada puncaknya.

Mungkin ini salah satu alasan mengapa kegiatan belajar mengajar disekolahan dilakukan pada siang hari, selain karena siang hari itu waktu yang cocok untuk kegiatan belajar mengajar, ternyata di siang hari juga otak dapat menyimpan memori dalam jangka waktu yang lama. Dengan catatan kita benar-benar konsen dengan apa yang dipelajari. Tidak mungkin kalau mendengarkan materi dengan kondisi setengah ngantuk bisa maksimal penyimpanan memori otak kita.

ØJika kalian ingin mengingat kembali fakta-fakta dan angka-angka penting. Bacalah sejenak informasi yang ingin kalian dapat,lalu pergilah tidur(mereka yang melakukannya, secara khusus mengalami peningkatan daya untuk mengingat kembali sebesar 20 hingga 30 persen)

Kalau kita benar-benar sulit untuk meghafal sesuatu jangan dipaksakan, baca sekilas dan tidur. Mungkin nanti apa yang kita baca tersebut ada di mimpi kita jadi kita bisa ingat-ingat terus. Kalau dilihat dari ketiga waktu kemampuan daya ingat, mungkin waktu akan tidur inilah yang bisa meningkatkan daya ingat yaitu 20%-30%. Mengapa? Karena saatkita tidur, otak kita akan kembali merekam kejadian-kejadian sebelum kita tidur.

Mungkin itu beberapa cara mengatur memori otak atau daya ingat dari buku yang saya baca. Lebih banyak lagi tips-tips supaya ingatan kita bisa bagus. Kalau belum juga berhasil, ya sering-sering dibaca aja nanti lama-lama juga hafal sendiri. Perlu banyak-banyak latihan dan repetisi untuk bisa menguasai sesuatu.

Sragen, 6 Januari 2014




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline