Lihat ke Halaman Asli

Dewi Astri

Mahasiswi

Panduan Integritas dan Profesionalisme dalam Pendidikan

Diperbarui: 28 November 2023   19:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

   Profesi guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk generasi muda dan masa depan bangsa.Untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik, guru perlu mengikuti kode etik yang mengatur perilaku dan praktek profesional mereka. Kode etik guru di Indonesia memberikan pedoman yang jelas tentang bagaimana guru harus bertindak, berinteraksi dengan siswa, rekan kerja, dan masyarakat serta menjaga integritas dan reputasi profesi mereka.

     Dalam konteks Indonesia, kode etik guru sangat penting untuk memastikan bahwa guru-guru di negara ini memberikan pendidikan yang berkualitas, adil, dan beretika kepada siswa-siswanya. Kode etik ini juga membantu menjaga kepercayaan masyarakat terhadap profesi guru dan membangun hubungan yang baik antara guru, siswa, orang tua, dan masyarakat. Dalam panduan ini, akan dijelaskan nilai-nilai moral yang harus dipegang oleh guru seperti kejujuran, keadilan, tanggung jawab, kerjasama, dan penghormatan terhadap keberagaman. Selain itu panduan ini juga akan membahas berbagai aspek penting dalam tugas seorang guru, seperti hubungan dengan siswa, orang tua dan rekan kerja, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, penilaian siswa, dan pengembangan profesional.

   Dengan adanya panduan ini diharapkan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang integritas dan profesionalisme dalam pendidikan, serta memberikan panduan praktis bagi guru dan tenaga pendidik dalam membangun etika kerja yang kuat. Guru dan tenaga pendidik harus memahami dan mengikuti pedoman dan standar etika yang ditetapkan oleh lembaga pendidikan dan organisasi profesional.














































BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline