Lihat ke Halaman Asli

Dewi Puspasari

TERVERIFIKASI

Penulis dan Konsultan TI

Pernah Dengar Tembang Puspa Dewi? Lagu Titiek Puspa yang Pernah Jadi Soundtrack Film Horor

Diperbarui: 10 Oktober 2024   23:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lagu Puspa Dewi muncul dalam film Lentera karya Hanung (sumber gambar: Kompas.com) 

Ketika mendengar tembang-tembang soundtrack film Indonesia, algoritma platform musik menyarankanku untuk mendengar tembang berjudul Puspa Dewi. Aku sempat tertegun ketika membaca judulnya, karena mirip dengan namaku. 

Ketika aku memutar lagu tersebut, aku merasa tak asing dengan lagu tersebut karena rasanya pernah kudengar entah di mana. Rupanya lagu Puspa Dewi tersebut merupakan tembang soundtrack film Lentera Merah.

Lentera Merah merupakan film horor Indonesia yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Naskah skenarionya ditulis Hanung bersama Gina S. Noer. Film yang rilis tahun 2006 ini dibintangi di antaranya Laudya Cynthia Bella, Dimas Beck, dan Teuku Wisnu.

Selain ceritanya yang tidak umum pada masa tersebut, film ini juga populer karena soundtrack-nya (sumber gambar: IndonesianFilmCenterIndonesia) 

Film ini sempat populer pada tahun tersebut. Latar cerita film horor ini memang tidak biasa, yakni menyertakan flashback pada masa PKI masih menjadi salah satu partai besar pada tahun 1965, sebelum kemudian terjadi pemberontakan. Meski demikian ceritanya mulai bergerak absurd seperti menirukan gaya film-film horor Hollywood masa tersebut.

Nah salah satu yang mendongkrak kepopuleran film ini adalah soundtrack filmnya yang digarap oleh Wiwiex Soedarno dan Vidi Widi alias VW Brother. Bersama Selvi, mereka menggarap ulang tembang Puspa Dewi dengan sentuhan rock gothic.

Musiknya ramah di telinga. Gaya bernyanyi Selvi dengan nada sopran ala penyanyi rock gothic memberikan warna dalam lagu ini. Namun yang membuat lagu ini seperti memiliki unsur misterius adalah lirik lagunya.

Berikut video musiknya:


Ketika kemudian aku mengetahui lagu ini aslinya adalah karya Titiek Puspa, perasaanku makin campur aduk. Lagu ini merupakan karya ciptaan Iskandar dan dirilis tahun 1961. Album Puspa Dewi sendiri terdiri dari 11 lagu dan termasuk album Titiek Puspa yang sukses. Oleh Musica Studio, lagu ini telah di-remastered dan telah dirilis dalam bentuk digital streaming pada tahun 2021.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline