Lihat ke Halaman Asli

Dewi Puspasari

TERVERIFIKASI

Penulis dan Konsultan TI

Jakarta Film Week Kembali Hadir Akhir Oktober, Kali ini dengan Tema "Evolve"

Diperbarui: 27 September 2023   12:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film Budi Pekerti akan menjadi film pembuka Jakarta Film Week 2023 (sumber gambar: Jakarta Film Week) 

Tahun ini merupakan tahun ketiga berlangsungnya Jakarta Film Week. Festival ini selalu dinanti-nanti para movie enthusiast, pasalnya festival yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta  ini menyajikan beragam film panjang dan pendek yang menarik. Nah pada gelaran tahun ini, Jakarta Film Week (JFW) mengusung tema Evolve

Tema Evolve ini selaras dengan perkembangan ekosistem perfilman nasional saat ini. Makna dari tema ini adalah upaya JFW untuk memberikan ruang bagi para sineas dan pegiat film untuk saling tumbuh---dalam mempertanyakan nilai-nilai lama, mempertimbangkan kembali, bahkan mendefinisikan ulang agar menjadi nilai-nilai yang revelan di masa sekarang.

Sesuai dengan tema evolve ini maka ada berbagai acara yang diadakan menjelang dan selama gelaran festival yang diadakan pada 25--29 Oktober 2023. Menjelang acara JFW ada program Road to Jakarta Film Week dan Jakarta Film Fund yang melakukan seleksi proposal ide cerita untuk mendapatkan pendanaan pembuatan film pendek. 

Selanjutnya dalam gelaran JFW 2023 akan ada pemutaran film dari berbagai negara, masterclass, talks, dan program komunitas (community). Selain itu juga bakal diadakan JFW Net yang terdiri dari Producers Lab, Producers Network, dan Festival Meeting. Oh iya untuk pemutaran film, ada film panjang, film pendek, dan juga film animasi. 

Film pembuka dan penutupnya adalah dua film yang sempat viral di kalangan sinefil. Film pembukanya adalah Budi Pekerti, yang merupakan film terbaru dari Wregas Bhanuteja. Film ini tayang di world premiere di TIFF 2023. Film ini dibintangi Ine Febriyanti,  Dwi Sasono, Prilly Latuconsina, dan Angga Yunanda. 

Sedangkan film penutupnya adalah Tiger Stripes yang pada Mei lalu berhasil memenangkan Grand Prize di Cannes Critics' Week/Semaine de la Critique 2023. Film ini merupakan produksi dari berbagai negara, di antaranya Malaysia, Taiwan, dan Indonesia. 

Ada Tiger Stripes yang akan menjadi film penutup (sumber gambar: Jakarta Film Week) 

Ada sekitar puluhan film yang akan tayang di JFW. Film-film tersebut di antaranya Basri and Salma in A Never-Ending Comedy, Past Lives, juga film barunya Hanung Bramantyo berjudul Tuhan Izinkan Aku Berdosa

Film-film ini semuanya bisa disaksikan secara gratis. Untuk informasi mengenai jadwal pemutaran, pemesanan tiket, dan informasi selengkapnya bisa dicek di media sosial Jakarta Film Week. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline