Lihat ke Halaman Asli

Dewi Puspasari

TERVERIFIKASI

Penulis dan Konsultan TI

Menikmati Dunia Imajinasi Van Gogh di Van Gogh Alive

Diperbarui: 11 Agustus 2023   00:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengunjung diajak menyelami dunia imajinasi Van Gogh lewat mata, telinga, dan indera penciunan (dokpri) 

"The sunflower is mine, in a way" - Vincent Van Gogh

Ruangan itu di sebelah kanan dan kiri dipenuhi oleh bunga matahari. Lautan bunga matahari dan iringan musik klasik seakan-akan membawaku ke  dunia lain, alam rekaan Van Gogh. Aku siap menikmati dunia imajinasi Van Gogh di Van Gogh Alive di Mal Taman Anggrek yang terbuka untuk umum hingga 9 Oktober mendatang.

Aku mengenal nama Van Gogh sejak duduk di bangku SMP. Waktu itu ada materi tentang seni rupa dari berbagai dunia. Nama Vincent Van Gogh banyak disebut-sebut karena memberikan pengaruh besar seperti halnya Pablo Picasso dan Salvador Dali.

Namun, aku baru mulai mengenal lebih dalam tentang sosok pribadi pelukis kelahiran Belanda ini sejak menyaksikan film animasi berjudul Loving Vincent, yang masuk dalam nominasi Oscar tahun 2018. Dalam film yang memiliki latar satu tahun setelah wafatnya Van Gogh,  penonton diajak bertualang bersama anak petugas pos bernama Armand Roulin yang mendapat misi mengantar surat Van Gogh untuk saudaranya, Theo. Dalam film ini tiap sosok yang ditemui Armand bercerita tentang kesan mereka terhadap Van Gogh.

Lukisan Van Gogh memang indah dan menawan. Ia disebut sebagai pelukis post-impressionism yang memberikan banyak pengaruh ke dunia seni rupa hingga saat ini.  Lukisannya yang paling terkenal di antaranya The Starry Night, Sunflowers, dan lukisan potret dirinya. Ia salah satu pelukis manca yang kukagumi selain Salvador Dali. Oleh karenanya kehadiran eksibisi Van Gogh Alive kutunggu-tunggu, meski kemudian aku memilih datang satu bulan sejak pameran dibuka agar lebih nyaman.

Ada instalasi kamar pribadi Van Gogh (dokpri) 


Yuk mulai merasai pengalaman unik di Van Gogh Alive.
Setelah melakukan scan barcode tiket, aku pun masuk ke ruang pameran. Aku sengaja memilih hari kerja dan siang hari agar lebih nyaman dalam menikmati pameran. Untungnya pilihanku tidak salah. Jumlah pengunjung tidak sebanyak saat akhir pekan, sehingga aku bisa lebih tenang membaca keterangan dan menikmati karya.

Ada beberapa ruangan. Di ruangan pertama, pengunjung diperkenalkan akan sosok Van Gogh dan instalasi kamar pribadinya.  Pelukis bernama lengkap Vincent William Van Gogh ini lahir pada tahun 1853 di Zundert, Belanda. Ia pernah menimba ilmu teologi lalu kebingungan menentukan karier hingga kemudian jatuh cinta pada seni rupa.

Ia mulai melukis secara otodidak ketika berusia 27 tahun dengan pengaruh dari pelukis impresionisme dan pasca impresionisme seperti Monet, Pissarro, Bernard, dan Gauguin. Sepuluh tahun kemudian, ia telah menghasilkan 930 lukisan serta 1100 gambar dan sketsa. Namun hanya sebagian kecil karyanya yang dijualnya.

Ada alasan kenapa Van Gogh gemar melukis bunga matahari (dokpri) 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline