Lihat ke Halaman Asli

Dewi Puspasari

TERVERIFIKASI

Penulis dan Konsultan TI

"Pemean", Film Pendek Komedi tentang Kebiasaan Pamer

Diperbarui: 21 Oktober 2021   00:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film pendek Pemean ini bisa membuatku tersenyum | sumber gambar: Brilio.net

Kakehan gludhug kurang udan. Tegese wong kang kakehan, nanging ora ana nyatane. Dalam bahasa Indonesia artinya orang yang banyak berbicara tapi semuanya ternyata omong-kosong. Cerita komedi tentang bualan ini tergambar lewat film pendek berjudul "Pemean".

Dalam film pendek karya Paniradya Kaistimewan, Yogya, ini penonton diajak menyelami dialog antara dua tetangga, Bu Sumirah dan Asih. Bu Sumirah sering berlagak di depan Asih. Ia berkata sambil menjemur pakaiannya di jalan depan rumah, baju-bajunya semua mahal dan bermerk. Bahkan baju batiknya dibelikan suaminya dari luar negeri.

Lain waktu ia juga berkata beras yang dimakannya semuanya beras mahal. Meski ia juga penasaran dan bertanya ke Asih, bagaimana caranya beberapa tetangganya bisa mendapatkan beras jatah.

Di depan Asih yang tiap hari menjemur pakaian, ada saja yang dipamerkan oleh Bu Sumirah, dari paket kiriman hingga motor barunya. Hingga suatu ketika ia ketahuan darimana asal usul barang-barang yang dipamerkannya tersebut.

Film pendek berdurasi 11 menitan ini sukses membuat saya tersenyum simpul. Tetangga seperti Bu Sumirah ini jamak ditemui, baik di desa maupun di lingkungan kompleks perumahan. Ada saja tipe tetangga yang gemar pamer atau berbicara besar.

Jika melihat judulnya "Pemean" alias "Jemuran" rasanya kurang nyambung dengan isi pesannya. Tapi ternyata maksudnya adalah obrolan dua tetangga ini memiliki saksi bisu berupa jemuran.

Sisi menarik dari film pendek ini adalah dialog dan gerak-gerik pemerannya yang terasa wajar dan natural. Keduanya seperti tetangga-tetangga yang biasa kita jumpai, ada yang suka bermulut besar, ada yang kalem. Bu Sumirah dan Asih masing-masing diperankan Putri Manjo dan Listu Maria.

Lingkungan pedesaannya juga sederhana dan jamak dijumpai. Para warga masih ada yang menjemur pakaiannya di jalan depan rumahnya. Mereka santai saja menjemur baju-bajunya tanpa takut ada yang mengambilnya. Bu Sumirah di sini juga cuek dan tidak malu menjemur baju dalamnya.

Film pendek ini bisa disaksikan di YouTube. Ia disutradarai oleh Thomas Kris dan dirilis November tahun 2020. Hingga saat ini sudah 2.7 juta netizen yang menontonnya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline