Lihat ke Halaman Asli

Dewi Puspasari

TERVERIFIKASI

Penulis dan Konsultan TI

"Kungfu Boy", Manga 90-an yang Belum Juga Tamat

Diperbarui: 14 Mei 2020   03:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi manga Kungfu Boy (dokpri)


Pada tahun 90an marak komik-komik Jepang di toko buku. Judulnya begitu beragam dan genrenya pun dari humor hingga cerita seram. Salah satu komik Jepang alias manga yang populer adalah "Kungfu Boy". Hingga saat ini manga ini belum juga tamat.

Manga "Kungfu Boy" atau "Ironfist Chinmi" ("Tekken Vhinmi") berkisah tentang anak laki-laki bernama Chinmi dan sahabatnya si monyet bernama Goku. Ia anak yatim piatu yang tinggal bersama kakak perempuannya.

Setiap hari ia membantu kakaknya menjalankan usaha kedai makanan. Hingga suatu ketika bakatnya dalam bela diri diketahui oleh Master Roushi dari Perguruan Kungfu, Kuil Dairin Ada legenda bahwa akan muncul jagoan Kungfu dan Master Roushi melihat tanda-tandanya ada di Chinmi.

Chinmi yang memang menyukai bela diri pun tertarik berlatih di Kuil Dairin. Ia bersama Goku kemudian melakukan perjalanan menuju perguruan tersebut. Di sana ia giat berlatih. Ia menjalankan persahabatan dengan banyak orang di sana.

Karena ilmu sangat luas maka setelah ilmunya di perguruan itu dirasa cukup maka Chinmi diminta untuk mengembara. Ada beberapa guru kungfu yang dirasanya akan membantunya mengasah ilmunya. Selama mengembara ia banyak membantu orang-orang yang kesusahan. Ada kalanya nyawanya sungguh terancam dan ia harus memikirkan cara bertarung untuk dapat mengalahkan lawannya.

Dalam pengembaraannya ini ia bertemu sosok guru yang unik. Ia tinggal seorang diri. Tak bermurid. Ia nampak seenaknya, suka mabuk-mabukan, dan lemah. Chinmi jadi ragu untuk belajar kepadanya.

Tapi kemudian guru You Sen menjadi guru Chinmi yang paling besar jasanya. Ia mengajarkan Chinmi jurus tinju peremuk tulang sebelum ia meninggal. Jurus ini menjadi jurus andalan Chinmi bertarung. Ia banyak membantunya mengalahkan musuh yang sangat berbahaya.

Mendapatkan Misi yang Sulit dan Nyaris Diusir
Kembali ke Dairin Chinmi kemudian dianggap sudah pantas sebagai pelatih. Ia memiliki murid-murid yang menganggapnya seperti kakak. Tapi lagi-lagi ada misi penting. Kali ini perintah dari sang Kaisar langsung.

Chinmi pun kemudian mengajak sahabatnya, Dan Dan yang gesit dan Xu Fang pendekar tongkat. Dengan hanya bertiga mereka mampu memporakporandakan sarang musuh.

Nama Chinmi di kalangan pembesar kerajaan pun makin terangkat. Ia kemudian agak terlena hingga kemudian seseorang datang ke kuil Dairin dan menantangnya. Ia kalah telak dan nasib perguruan terancam.

Dari kekalahan itu ia kemudian memperbaiki sikapnya. Rupanya ilmu peremuk tulang memiliki level yang lebih mematikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline