Lihat ke Halaman Asli

Dewi Puspasari

TERVERIFIKASI

Penulis dan Konsultan TI

Retno Ratih Damayanti, Sineas Perempuan Langganan Piala Citra

Diperbarui: 9 Maret 2020   03:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mba Eno atau Mba Nok, sapaan akrab Retno Ratih Damayanti yang telah empat kali meraih piala citra (gambar: pesona.co.id)


Nama Retno Ratih Damayanti di mata publik mungkin belum banyak dikenal. Tapi di kalangan pecinta dan pengamat film Indonesia, ia sosok yang disegani. Perempuan lulusan Sastra Perancis UGM ini langganan piala Citra. Ia telah berhasil mengoleksi empat piala Citra untuk kategori Penata Busana Terbaik.

Pertemuanku dengan Retno Ratih Damayanti yang akrab disapa mbak Nok atau mbak Eno, difasilitasi oleh sebuah workshop perfilman Kineforum yang hari itu khusus membahas tentang wardrobe (kostum). Kusangka ia akan tampil glamour atau chic dalam membawakan kelas ini. Tapi ia lebih memilih tampil kasual dan sederhana. Apa adanya.

Ia membawakan materi tentang kostum dengan runtut dan menarik. Semua materi berasal dari pengetahuan dan pengalamannya di lapangan. Ia juga memberikan contoh kasus yang pernah dialaminya selama proses pra dan produksi perfilman. 

Di antaranya sulitnya menemukan bahan, warna, dan corak seperti kostum pada masa abad ke-16, bagaimana menyiasati desain kostum dengan bujet terbatas, dan sebagainya.

Kostum memang memberikan peranan penting dalam sebuah film. Ia menunjukkan karakter seorang tokoh, sekaligus memberikan petunjuk tentang latar waktu, tempat, strata sosial, dan sebagainya. Namun, meski kostum itu penting, lanjut Retno, jangan sampai kostum lebih menonjol daripada karakternya.

Bermain-main dan berkarir dengan kostum dulu tak terpikir di benaknya. Ia tak memiliki landasan penata busana, penjahit, ataupun perancang busana, malah ia lulusan sastra.

Wanita kelahiran 19 April 1972 ini mempelajarinya secara autodidak. Diawali dengan minatnya di bidang teater, juga hobinya menyaksikan film dan memerhatikan kostum. 

Berkat pengalamannya di teater tersebut, meski latar ilmunya berbeda, ia terpilih menjadi pengajar di Institus Seni Indonesia. Ia sempat menjadi dosen tata rias dan busana di ISI.

Ketika terlibat dalam pengurusan kostum teater, ia melihat bahwa untuk merancang sebuah kostum pemain, ia perlu memperhatikan gerakan para pemain tersebut. 

Ia perlu mengikuti latihan pertunjukan tersebut. Karena bisa saja seorang pemain teater akan kesulitan bergerak apabila bajunya terlalu ngepas di badan.

Mba Eno dengan sabar menjawab berbagai pertanyaan soal menata busana (sumber: kineforum)


Dari pengalamannya mengurusi kostum di bidang teater, ia kemudian terlibat dalam desain tata busana di perfilman. Sutradara film yang sering terlibat dengannya di antara Garin Nugroho dan Hanung Bramantyo. Ia memulainya dari "Opera Jawa" yang dibesut Garin pada tahun 2006.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline